Ruas Jalan AKD Kembali Tertimbun Longsor, Kemacetan Capai 2 Km

Totabuan194 views

METRO, Bolmong- Longsor kembali terjadi di ruas jalan AKD, tepatnya di Desa Lobong, Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Minggu (06/03) kemarin, sekitar pukul 06.00 WITA.

Longsor tersebut menutupi badan jalan, hingga terjadi kemacetan kendaraan sepanjang 2 kilometer.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bolmong, Ir Sahril Mokoagow, membenarkan adanya peristiwa tanah longsor yang berhasil menutupi badan jalan.

“Saya saat ini, sedang berada di lokasi kejadian,” kata Syahril, Minggu (06/03) kemarin.

Syahril Mokoagow, mengakui jika pihaknya telah melakukan berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sulut, terkait pembukaan jalan dan mendapat respon positif dari pihak balai jalan untuk dilakukan pembersihan material longsor tersebut.

“Hari ini juga BPJN Provinsi Sulut, akan mengirim alat berat, guna melakukan pembersihan dan perbaikan jalan,” aku Syahril.

Kabid Tanggap Darurat BPBD Bolmong, Abdul Muin Paputungan, mengatakan, akibat bencana longsor itu, menyebabkan kemacetan tersebut paling panjang dari arah Kota Manado, menuju Kotamobagu.

“Paling banyak dari Kota Manado menuju Kotamobagu. Karena kalau dari arah Kotamobagu sudah ada polisi yang berjaga dan memberikan peringatan,” ucap Muin Paputungan.

Muin Paputungan juga menambahkan, jika saat ini pihaknya masih melakukan pembukaan jalan yang masih tertutup longsor.

“Sudah ada alat berat yang diturunkan, dan akses jalan sedang kita pacu untuk dibuka,” tegasnya.

Alhasil, tepat pukul 10.40 Wita, akses transportasi Amurang-Kotamobagu-Duloduo (AKD), sudah bisa dilewati berbagai jenis kendaraan.

“Namun dengan sistem buka tutup, karena baru 1 lajur jalan dibersihkan,” jelasnya.

Sekedar diketahui, antrian kendaraan baik dari arah Inobonto menuju Kotamobagu maupun sebaliknya sudah tidak ada.(48)

Komentar