Peringatan HUT ke 61 Gerakan Pramuka di Talaud Dirangkai Dengan Jambore Cabang I tahun 2022

Nusa Utara, talaud507 views

METRO,Talaud– Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kepulauan Talaud menggelar upacara HUT ke 61 Gerakan Pramuka dirangkai dengan pembukaan Jambore Cabang 1 tahun 2022, bertempat di bumi perkemahan Napongngerr’e, Melonguane Barat, Minggu (14/8).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua kwartir cabang gerakan Pramuka Kabupaten Talaud Moktar Arunde Parapaga yang juga merupakan Wakil Bupati Kepulauan Talaud. Turut hadir juga, Sekertaris Daerah Yohanis B.K Kamagi, Kapolres Talaud AKBP Dandung  Putut Wibowo, Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Agus Ariyanto, Perwakilan Kejari Talaud dan Lanal Melonguane, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Daud Malensang,Kadis BKPSDM Ivone Kapoyos, Kadis Kominfotik Imelda Tingginehe, Kadis Dikpora Deker Lasut, serta para pengurus serta Pembina Kwarcab Gerakan Pramuka Kepulauan Talaud.

Wabup Parapaga dalam sambutannya mengatakan, pada kesempatan ini selaku Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Talaud dan juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kepulauan Talaud menghimbau kepada kita yang berada di gugus depan khususnya kepada seluruh Kepsek, agar dapat lebih menghidupi gerakan pramuka di setiap tingkatan sekolah baik SD, SMP, SMA/ SMK.

” Sebagai wahana nonformal, gerakan pramuka tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena dalam pramuka generasi muda perserta didik diasah pengembangan pola pikir, karakter untuk menjadi penerus bangsa,” kata Parapaga.

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan hal tersebut ada pada kita pembina termasuk didalamnya para kepsek. Sejalan dengan kutipan bapak pramuka sedunia yakni ” kepramukaan bagi anak-anak adalah permainan, tapi merupakan pekerjaan serius bagi orang dewasa.

” Mari kita bersama-sama dengan semangat pengabdian tanpa batas,kita membangun ketangguhan bangsa,” ajaknya.

Tak lupa Wabup Parapaga menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepuluan Talaud mengucapkan selamat Hari Pramuka ke 61 tahun. Semoga Pramuka kita semakin berjaya khususnya di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana HUT Gerakan Pramuka ke 61 dan Jambore cabang 1 tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud Rudi Aimbu dalam laporannya mengatakan, pada HUT ke 61 ini mengambil tema” mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa”, sedangkan untuk Jamda  menggunakan tema Jambore Nasional yakni” Ceria, berdedikasi, berprestasi”, dengan motto” satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan”.

” Kegiatan upacara dan Jamda  ini diikuti oleh kurang lebih ribuan peserta baik gugus depan SD maupun SMP yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud,” jelasnya.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 14-19 agustus 2022. Dengan dua kegiatan utama yakni umum di lokasi perkemahan  seperti, ibadah bersama, seni budaya, olahraga, baksos dan penanaman pohon dilokasi perkemahan. Sedangkan  kegiatan wisata pengetahuan yakni, berkunjung ke Polres Talaud, Kodim 1312/Talaud, Lanal Melonguane dan Kantor  BNPB.

” Untuk kegiatan wisata pengetahuan dilaksnakan agar supaya memberikan kesempatan kepada peserta anggota pramuka penggalang untuk melihat dari dekat dan mendapat pengetahuan dan pengalaman tentang kemiliteran, dan kebencanaan,” pungkasnya.

Komentar