Akhir Tahun Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Bolmut Diminta Waspada

Totabuan161 views

METRO, Boroko- Aktivitas curah hujan di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), pada setiap masa akhir tahun terus menunjukan peningkatan yang signifikan. Untuk itu pemerintah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kembali menghimbau masyarakat agar tetap waspada atas intensitas curah hujan di daerah yang terus saja tinggi belakangan ini.

Hal ini tentunya sangat berpotensi akan bencana banjir dan tanah longsor.

“Bagi masyarakat yang bermukim di daerah perbukitan dan daerah aliran sungai, harus tetap waspada jika terjadi curah hujan tinggi dengan waktu yang cukup lama, seperti yang mulai terjadi saat ini dan seterusnya hingga awal tahun depan,” ungkap Kepala BPBD Bolmut Viktor Nanlesy, kepada harian ini, kemarin.

Lebih lanjut diterangkannya, aktivitas curah hujan yang tinggi dapat mempengaruhi pergerakan tanah yang memicu terjadinya longsor, karena itu masyarakat yang berada di daerah perbukitan harus mewaspadainya.

Sedangkan, bagi masyarakat yang berada di daerah aliran sungai menurutnya harus mewaspadai kemungkinan datangnya air bah yang bisa mengakibatkan banjir bandang.

“Tentunya kita tidak menginginkan bencana terjadi. Namun belajar dari pengalaman bencana banjir di daerah pada waktu-waktu sebelumnya, membuat kita harus tetap waspada,” ujarnya.

Ditambahkanya, berdasarkan informasi, beberapa bulan kedepan ini, hujan turun hampir di seluruh wilayah kabupaten dan kota se-Sulut dan biasanya berpotensi akan terus berkelanjutan hingga pada awal tahun.

“Rata-rata, potensi hujan ringan hingga lebat terjadi pada sore sampai malam hari. Untuk itu pula masyarakat diminta menjaga koordinasi dengan pemerintah setempat,” ajak Viktor.(pju/kg)

Komentar