Kisah Sukses Nasabah BRI Manado: Berawal Jualan Material, Kini Pengusaha Alat Berat

Ekonomi421 views

METRO, Manado- Momen ulang tahun ke 127 Bank Rakyat Indonesia (BRI) terasa istimewa bagi Dewa Putu Edi Putra, Adam Jafar, dan Benie Moningka. Tiga nasabah BRI Regional Office Manado tersebut terpilih dari ribuan nasabah lainnya untuk menerima penghargaan SME’s Lifetime Achievement Award, pada peringatan HUT BRI ke 127 di Kantor BRI Manado, Jumat (16/12).

SME’s Lifetime Achievement Award diberikan kepada nasabah yang sudah lebih dari 20 tahun setia bersama BRI.

Selama menjadi nasabah, berbagai kesuksekan sudah diraih. Mereka berhasil mengembangkan usaha hingga tumbuh besar, bahkan terus berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan, berkembangnya jenis usaha dan channel penjualan, tumbuhnya omset usaha bersama dukungan produk-produk dan fitur yang disediakan BRI selama menjadi nasabah.

Pemenang pertama SME’s Lifetime Achievement Award, Dewa Putu Edi Putra pun menceritakan kisah suksesnya bersama BRI.

Nasabah BRI Parigi ini meneruskan usaha rintisan sang ayah menjual bahan bangunan, alat listrik, dan material. Menurut Dewa, sang ayah mengawali kerja sama bersama BRI dengan pinjaman awal Rp 300 ribu. Pinjaman tersebut kemudian digunakan untuk mengembangkan usahanya.

Tahun 2002 usaha sang ayah mulai berkembang, ditandai dengan kehadiran 1 unit truk. “Sekarang kami punya 36 unit alat berat. Semua saya ambil pakai kredit dari BRI. Prosesnya cepat, tidak sulit,” ujar Dewa.

Menurutnya, semua usaha yang dijalani meraup sukses berkat kemitraan dan dukungan dari BRI. “Usaha ini sebenarnya dirintis oleh bapak. Dari tahun 1986 beliau sudah menjadi nasabah BRI,” ungkap Dewa.

Saking fanatiknya dengan BRI, menurut Dewa sang ayah akan langsung mentransfer uang yang masuk dari rekanan di bank lain ke rekening BRI.

“Terima kasih atas support BRI dari orang tua hingga ke saya. Kami bisa sukses begini karena BRI,” terangnya.

Kisah sukses lainnya datang dari Adam Jafar, Direktur PT Arafat Timur Perkasa, sebuah perusahaan jasa konstruksi dan bangunan di Tidore, Maluku Utara.

Adam mengawali kerja samanya dengan BRI di tahun 1991. Ia dipercaya melaksanakan pekerjaan proyek rehabilitasi dengan nilai yang sangat kecil.

“Saya cari cara bagaimana supaya bisa bermitra dengan bank. Syukur begitu masuk saya mendapatkan sebuah pinjaman dengan nilai kecil hanya Rp 2,5 juta, sementara nilai proyeknya Rp 6 juta,” ujar Adam.

“Seiring waktu, setiap tahun saya selalu dipercaya mengajukan pinjaman. Dan sampai hari ini masih dipercayakan BRI mendapatkan pinjaman terakhir senilai Rp 2,7 miliar,” kata dia menambahkan.

Adam berharap, kemitraan dengan BRI terus berlanjut sehingga segala kebutuhan dari perusahaan dapat dibantu BRI. “Pelayanan BRI sangat bagus dan maksimal,” tutur Adam.

Cerita berbeda datang dari Bennie Moningka, nasabah BRI Bitung. Pengusaha galangan kapal ini sudah bersama BRI selama 22 tahun.

Selama bermitra, Bennie menilai pelayanan BRI sangat prima. Hal inilah yang mendasari Bennie untuk memilih BRI sebagai mitra usaha.

“BRI punya beberapa produk perbankan unggulan. Terutama BRImo. Lewat BRImo topup kartu brizzi, dan transfer jadi lebih mudah,” ungkap Benie.

“Selamat ulang tahun yang ke 127, semoga BRI tetap jaya dan selalu memberikan bantuan kepada masyarakat dan pengusaha kedepan,” imbuhnya.

Atas loyalitas puluhan tahun bersama BRI, ketiga nasabah ini berhak atas saham BRI dengan nilai total 170 lot saham.

Pemenang pertama sekaligus juara tingkat 2 nasional, Dewa Putu mendapatkan 80 lot saham BRI senilai Rp 40 juta plus hadiah inspira trip. Adam Jafar mendapatkan 30 lot saham BRI senilai Rp 15 juta. Sementara Benie Moningka berhak atas 20 lot saham BRI senilai Rp 10 juta. (71)

Komentar