Ketua Komisi IX Ajak Masyarakat Cegah Stunting Saat Turun Reses di Minahasa

METRO, Manado– Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Esterlita Runtuwene (FER) turun reses ke daerah pemilihannya Sulawesi Utara, Selasa (28/2/2023). Kali ini di dua lokasi, yakni di Paslaten Remboken dan Walewangko Langowan.

Dalam pemaparannya soal mitra kerja Komisi IX, selain mensosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan dan pengawasan obat dan makanan, FER juga memberikan  pemahaman dan pengetahuan tentang stunting pada anak yang kini menjadi masalah yang harus diselesaikan pemerintah dan masyarakat.

“Saya memberikan perhatian serius pada persoalan stunting. Sebagai orangtua kita harus bijak dan tahu memberikan makanan dan air minum yang higienis dan sehat. Yang harus memiliki nilai gizi sehingga tumbuh kembang anak kita akan sehat dan baik,” ucap FER.

Selanjutnya, FER juga menyinggung upaya orangtua untuk memperhatikan kesehatan anak di saat proses pertumbuhan dan perkembangannya.

“Kita harus memperhatikan kesehatan makanan dan juga lingkungan. Misalnya, jika kita orangtua ke toko membeli bahan makanan, maka kita bisa meminta kepada petugas toko untuk tidak meletakkan bahan makanan dan satu wadah dengan barang lain yang mengandung zat kimia, seperti sabun dan deterjen. Itu sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, termasuk anak-anak,” tegasnya.

Melalui kegiatan tersebut, Felly mengharapkan agar masyarakat akan lebih memahami hal-hal mengenai stunting dan bisa melakukan langkah-langkah untuk mencegah sejak dini, agar program pemerintah kedepan bisa tercepat, dimana kasus stunting akan semakin menurun. (37)

Komentar