Tak Hanya Gratis, Peserta Program Kesetaraan Terima Dana Transport

Totabuan74 views

METRO, Tutuyan- Warga Belajar Program kesetaraan Paket A, B dan C di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terima pengganti uang transport yang diserahkan Bupati Sam Sachrul Mamonto, SSos, MSi.

Pasalnya, hal ini merupakan salah satu program Bupati Bolaang Mongondow Timur dalam rangka meningkatkan kwalitas SDM masyarakat Boltim dan sekaligus mampu memberi kontribusi terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Menariknya, masyarakat setelah mengikuti program ini, maka pasti terjadi penambahan rata rata lama sekolah di 2000 warga belajar.

Ini akan berdampak cukup signifikan terhadap IPM Boltim di tahun berkenaan. Program ini sengaja diluncurkan Bupati Sachrul tidak sekedar dari aspek IPM,namun juga memberi legalitas formal kepada masyarakat dalam bentuk Ijazah, yang saat ini menjadi persyaratan untuk mendapatkan lapangan kerja.

Yang sangat luar biasa adalah bahwa program kesetaraan ini tidak hanya gratis, namun setiap warga belajarnya diberikan pengganti uang transport dalam setiap pertemuan belajar mengajar, sebesar Rp. 100.000, 00 yg bila diakumulasi pertahun, bila warga belajar secara penuh, maka ia akan menerima uang pengganti transport sebesar Rp. 3.600.000,00.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim Yusri Damopolii berharap agar seluruh komponen masyarakat dapat mendukung sepenuh hati program pemerintah di bidang pendidikan.

“Saya selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat berharap untuk mari kita suport dengan segenap hati program pemerintah daerah ini, karena hal ini memiliki multi dampak yg sangat positif baik secara individu maupun terhadap daerah yg sama- sama kita cintai ini. Terima kasih yg setinggi tingginya kepada Bapak Bupati yg telah merekomendasikan program ini melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, dan secara perlahan IPM dan Kualitas masyarakat akan semakin baik serta kesempatan kerja warga Boltim akan tersedia ketika mengantongi ijazah,” ujar Damopolii.

Lanjutnya, Program pengganti uang transport bagi warga belajar sudah dilaksanakan di pertengahan tahun 2022.

“Program ini sudah dilaksanakan sejak bulan Juli tahun 2022, dan di bulan Juni 2023, sudah selesai 1 tahun ajaran, dan akan berlanjut di tahun ke- 2 bulan Juli tahun ini. Saat ini dana pengganti uang transport sementara proses pencairan setiap warga belajar di Bank Sulut- Go, yang pada peringatan HUT Boltim ke-15 kemarin, telah diserahkan secara simbolis oleh Bupati kepada 16 orang penerima,” tuturnya.

Dalam pemberian pengganti uang transport salah satu warga belajar merasa sangat terharu atas kepedulian Bupati kepada masyarakat yg tidak hanya memberikan program gratis belajar dalam rangka mendapatkan ljazah, namun pemerintah menyediakan dana untuk biaya transportasi kepada masyarakat warga belajar.

“Saya merasa bahagia serta rasa haru atas kepedulian Bapak Bupati, sambil mendoakan Bapak Bupati, semoga Pak Bupati selalu dalam Perlindungan Allah SWT dalam melaksanakan tugas demi masyarakat Boltim. Sukur Moanto Pak Bupati, saya sangat bangga punya Bupati yg benar benar memikirkan nasib masyarakatnya,” Ungkap Sarini Modeong salah satu warga belajar paket C.(*/ktr/kg)

Komentar