Wakili Sulut di AHMBS Tingkat Nasional 2023, Fajar dan Salwa Siap Adu Gagasan dan Karya

Otomotif52 views

METRO, Manado- Setelah menyelesaikan seleksi regional, AHM Best Student (AHMBS) 2023 kini memasuki tahap seleksi nasional.

Puluhan siswa dari seluruh provinsi di Indonesia akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.

Sulawesi Utara akan diwakili oleh Fajar Muslim Mohamad dan Salwa Nabila Putri Daliilah, keduanya berasal dari MAN 1 Kabupaten Gorontalo.

Di tingkat nasional, Fajar dan Salwa akan bersaing adu gagasan dan karya terkait kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini, dengan siswa-siswi dari seluruh Indonesia.

Para peserta seleksi nasional dapat memilih 2 kategori pada AHMBS 2023, yakni kategori Ide dan kategori Invensi.

Kategori ide berupa gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype, belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum.

Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype.

Sementara pada kategori invensi, para siswa diminta untuk mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat.

Karya di invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyakarat berupa produk atau jasa.

Marketing Division Head PT DAW, Jemmy Febrianto, mengatakan, para siswa dalam karyanya mengangkat isu ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin dapat hadir bersama masyarakat dalam membangun negeri, terutama generasi muda. Kami sangat mengapresiasi semua karya tulis yang dikirimkan kepada kami karena semuanya memiliki ciri khas dan penelitian yang baik,” ujar Jemmy.(71)

Komentar