Dua Teknik Dasar yang Wajib Dikuasai Pengendara Sepeda Motor

Otomotif39 views

METRO, Manado- Teknik berkendara menjadi elemen penting yang wajib dimiliki semua pengendara sepeda motor.

Dari sekian banyak teknik berkendara, ada dua teknik dasar yang wajib dikuasai pengendara, yaitu kontrol gas dan pengereman yang baik. Dua hal ini penting untuk mengurangi potensi bahaya bagi pengendara maupun sekelilingnya

Instruktur Safety Riding Honda DAW, Agnessya Mapalie, berbagi tip kontrol gas dan pengereman yang baik.

“Untuk melakukan pengereman, tutup putaran gas kemudian tarik tuas rem dengan 4 jari agar mendapatkan pengereman yang maksimal dan juga tarik tuas rem belakang atau injak pedal rem belakang kemudian tarik tuas kopling,” ujar Agnessya.

Ia menjelaskan, saat di tikungan, pengendara perlu melakukan pengereman secara perlahan sebelum memasuki area tikungan dan menikung dengan kecepatan konstan.

“Hindari mengurangi ataupun menambah bukan gas secara mendadak. Pastikan posisi sepeda motor dan postur tubuh saat berkendara dalam kondisi seimbang, sehingga bisa menghindari risiko tergelincir,” jelas Agnessya.

Sementara untuk teknik kontrol gas, menurut Agnessya dapat dilakukan dengan membuka gas dengan cara diputar secara perlahan agar tenaga yang dikeluarkan dapat terkontrol dengan baik dan menutup putaran gas dengan cepat.

“Sebaliknya, jika terdapat tuas kopling tarik tuas kopling dengan cepat dan lepaskan secara perlahan,” katanya.

Agnessya menambahkan, selain teknik mengatur bukaan gas dan teknik pengereman, pengendara perlu juga memperhatikan beberapa teknik berkendara lainnya. “Seperti postur tubuh yang tepat, teknik menghadapi berbagai situasi jalan raya dan mengenal rambu-rambu lalu lintas,” pungkasnya.(71)

Komentar