IAI Sulut Gelar Rakerda dan Seminar, Bahas Implementasi UU Nomor 17 2023

Kesehatan38 views

METRO, Manado- Ikatan Apoteker Indonesia Sulawesi Utara (IAI Sulut), menggelar Seminar dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda), di Hotel Luwansa Manado, pada Sabtu (4/5/2024) pekan lalu.

Seminar dan Rakerda ini mengangkat tema Implementasi Undang-undang (UU) Kesehatan Nomor 17 2023 Terhadap Praktek Kefarmasian di Provinsi Sulut, dan dihadiri seluruh anggota dan pengurus cabang IAI dari 15 kabupaten kota se-Sulut.

Seminar menghadirkan pembicara yaitu Dra Sarinah dari BBPOM Manado; Devy Lumi SFarm MKes dari Dinas Kesehatan Sulut; dan Ketua IAI Sulut, apoteker (apt) Gerald Rundengan SSI, MPH.

Rundengan mengungkapkan tujuan Seminar dan Rakerda dalam rangka reposisi dan rekomposing organisasi, pasca diterbitkannya undang-undang kesehatan yang baru oleh pemerintah.

“Banyak aturan baru dalam Undang-undang 17 2023 ini sehingga kami wajib melakukan konsolidasi dan mensosialisasikan program-program kami kedepan,” ujar Rundengan.

Ia mengatakan, usai Rakerda diharapkan para pengurus cabang dapat menindaklanjuti dengan melaksanakan Rakercab. “Di Rakercab nanti dibahas isu-isu kesehatan yang saat ini berkembang,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan pula bantuan berupa uang tunai untuk korban bencana Gunung Ruang di Tagulandang. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada pengurus cabang IAI Sitaro untuk kemudian disalurkan ke warga korban bencana.(71)

Komentar