IAI Sulut Peringati World Pharmacists Day, Gelar Senam Sehat-Sosialisasi Telefarmasi

Kesehatan158 views

METRO, Manado- Dalam rangka memperingati hari apoteker sedunia atau World Pharmacists Day (WPD) tahun 2023, Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia Sulawesi Utara (IAI Sulut), siap menggelar beragam kegiatan.

Ketua PD IAI Sulut, Gerald Rundengan, mengatakan Hari Apoteker Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 25 September.

“Khusus tahun ini, apoteker-apoteker se Indonesia memperingatinya pada Sabtu akhir pekan ini,” ujar Gerald, saat diwawancara awak media, pada Rabu (21/9/2023) sore.

Menurut Gerald, puncak peringatan WPD di Sulut, akan dipusatkan di Lapangan My Futsal Kawasan Megamas Manado, Sabtu akhir pekan ini. Kemudian dilanjutkan rangkaian kegiatan sepanjang bulan Oktober.

“Kami percayakan penyelenggaraannya ke organisasi apoteker muda, yaitu Indonesian Young Pharmasist Group (IYPG, red). Kegiatan antara lain senam bersama, teleconference, jalan sehat dan sosialisasi telefarmasi,” ungkap Gerald, yang didampingi Sekretaris IAI Sulut Gidion Tiwow; Bendahara, Carlalia Charles.

Gerald menjelaskan, inti kegiatan peringatan WPD, adalah untuk mengedukasi masyarakat fungsi apoteker, tugas apoteker, terkait dengan obat-obatan. “Sebab selama ini masih banyak warga yang tahu apoteker bertugas hanya menjual obat-obatan,” jelasnya.

Ketua IYPG Sulut, Christel Sambou, menjelaskan, akhir pekan ini akan dilaksanakan teleconference secara menyeluruh di semua daerah, termasuk dengan Ambon yang menjadi daerah pusat pelaksanaan WPD 2023.

“Selain itu, pembukaan lebih menarik dengan adanya senam bersama, jalan sehat, serta sosialisasi kepada masyarakat tentang telefarmasi,” katanya.

Selain itu, kata Christel, kegiatan lainnya banyak juga tapi setiap minggu kita lakukan. Contohnya minggu depan ada kegiatan Pengabdian ke Masyarakat, baru di minggu ketiga launching ask me Dapatkan Gunakan Simpan Buang Obat Dengan Benar, (Dagusibu, red).

“Bahkan kami akan buat satu seminar tentang pencegahan dan penanganan resisten antibiotik pada 13-14 Oktober mendatang,” pungkasnya.(71)

Komentar