oleh

Masyarakat Diajak Mengolah Sampah

-Manado-57 views


METRO, Manado- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado mengajak masyarakat agar mulai belajar mengolah sampah yang dihasilkan. Kepala DLH Kota Manado, Yohanis Waworuntu mengatakan sampah sebenarnya memiliki manfaat dan nilai ekonomis bila diolah dengan benar.
“Mari kita ubah pola berpikir kita dari yang dulu sampah itu dibuang, tapi sekarang sampah itu kita olah. Ketika kita mengolah sampah ini maka dapat menjadi sesuatu yang bernilai,” tukasnya.
Dia mencontohkan sampah-sampah organik yang dihasilkan bisa diolah menjadi pupuk. Sementara sampah plastik bisa didaur ulang atau dikreasikan menjadi kerajinan tangan. Atau sampah plastik juga bisa dikumpulkan kemudian dijual ke bank sampah ataupun ke pihak pengecer sampah plastic sehingga menghasilkan nilai ekonomis bagi masyarakat.
“Mulai dari rumah, sampah yang kita hasilkan kita pilah mana yang sampah organik dan mana sampah plastik. Sampah organic kalau kita olah bisa menjadai pupuk. Sampah plastic juga punya manfaat dan nilai ekonomis,” ucap Waworuntu.
Kota Manado sendiri saat ini sudah memiliki bank sampah yang berada di beberapa lokasi di sejumlah kecamatan.
Kadis melanjutkan, di Kota Manado saat ini juga sudah memiliki TPS3R yang menjadi tempat pembuangan, pemilahan dan pengolahan sampah.
“TPS3R yang sudah beroperasi saat ini ada yang di Malendeng dan yang sementara di bangun di Winangun,” pungkasnya.

Penulis: Reymond Fransisco