oleh

Jadi Program Inovasi, Me’daseng Bakal Diusul ke Pusat

-Nusa Utara-55 views

METRO, Sangihe– Demi mewujudkan pelayanan yang lebih maksimal dariPemerintah Daerah Kabupaten Sangihe, berbagai terobosan terus
dilakukan. Salah satunya program Me’daseng yang menjadi program inovasi dan diandalkan oleh Pemerintah Kabupaten Sangihe.

Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME saat pelaksanaan program Me’daseng pada Jumat (24/8/2018) hingga Sabtu (25/8/2018) akhir pekan lalu di Kampung Petta Timur Kecamatan Tabukan Utara (Tabut) menyatakan program ini akan diusulkan ke pemerintah pusat.

Lanjut dikatakan Bupati, saat ini di bawah koordinasi Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang), Pemkab Sangihe sementara memperjuangkan Me’daseng sebagai Inovasi ke Pemerintah Pusat.

Alasan Program Me’daseng dijadikan sebuah inovasi jelas orang nomor satu di Sangihe ini, dikarenakan program ini dilaksanakan hanya di
Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Karena setelah kita membuka database pemerintah daerah se Indonesia yang menggunakan pola Me’daseng, dalam konteks untuk pelayanan masyarakat hanya ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ungkap dia.

Gaghana menambahkan, hal ini telah menjadikan inovasi yang telah didorong sebagai bagian dalam konteks merebut apa yang menjadi dukungan pemerintah pusat terhadap dana hasil pembagian di daerah.

“Karena saat ini pemerintah pusat dalam pembagian dana bagi hasil daerah mereka berorientasi pada inovasi daerah terhadap kinerja Pemkab yang dilandasi dengan kegiatan yang menunjang berbagai produk atau pelayanan dasar di Pemkab sendiri,” tutup Bupati.

Penulis: Iwan Machmoed