oleh

Pencatatan Nikah di Mitra tak Perlu Hadirkan Saksi

-Minsel & Mitra-60 views

METRO, Ratahan – Kehadiran saksi merupakan salah satu syarat untuk pencatatan sipil (nikah). Namun begitu, syarat tersebut, ke depan nampaknya akan dihapus atau dihilangkan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Minahasa Tenggara (Disdukcapil Mitra), David Lalandos mengatakan, penghapusan saksi pada pencatatan sipil tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 118 Tahun 2017. “Jadi yang sebelumnya pencatatan sipil disaksikan oleh dua orang yang menjadi saksi, ke depan tidak lagi perlu ada saksi,” ujar Lalandos.

Hanya saja, Lalandos menjelaskan, kehadiran saksi dalam suatu proses pernikahan, bukan sepenuhnya hilang. Pasalnya, saksi tetap harus dihadirkan saat calon pasangan suami istri akan dicatat secara agama. “Misalnya di Kristen, saat akan diteguhkan atau diberkati di gereja, tetap harus ada saksi. Yang tidak perlu lagi menghadirkan saksi, hanya saat pencatatan sipil,” jelas Lalandos.

Lanjut, Lalandos menambahkan, aturan ini rencananya akan diberlakukan dalam waktu dekat di Kabupaten Mitra. “Paling lambat akhir tahun 2018, sudah diterapkan. Untuk saat ini, kita masih dalam tahapan sosialisasi,” pungkas Lalandos.

Penulis: Ryan Sandag