oleh

Rawan Laka Lantas, Perbaikan Ruas Pangu-Ratahan Disorot

-Minsel & Mitra-36 views

METRO, Ratahan – Pekerjaan perbaikan jalan Ratahan-Langowan, tepatnya di ruas Pangu-Ratahan disambut positif warga. Hanya saja, minimnya rambu-rambua lalu lintas serta waktu pengerjaan yang dianggap lambat disorot publik.

Steiner, salah satu pengguna jalan mengaku nyaris mengalami kecelakaan saat melintas di ruas jalan yang sedang dikerjakan. Pasalnya, di titik jalan yang sedang dikerjakan, tidak diberi tanda peringatan sementara aspal jalannya sudah digali. 

“Tadi saya kaget saat menurun ada jalan yang salah satu sisinya sudah digali. Feeling saya langsung mengarahkan sepeda motor ke kanan agar tidak terperosok, tapi ternyata dari arah berlawanan ada mobil truk sehingga hampir tabrakan,” ungkap warga Manado ini.

Senada dikatakan Kapolsek Urban Ratahan, Kompol Sami Pandelaki. Dirinya bahkan mengaku sementara mencari tahu pihak yang bertanggungjawab atas pekerjaan tersebut.

“Harusnya kalau ada galian di badan jalan, diberi tanda semacam police line agar pengguna jalan lebih berhati-hati dan terhindar dari kecelakaan,” ujar Pandelaki.

Ia juga menyoroti pekerjaan jalan yang memakan waktu yang lama. 

“Kalau saya cermati, pekerjaannya hanya perbaikan saja atau tambal sulam jalan yang rusak. Jadi kenapa harus lama-lama diselesaikan,” tanya Pandelaki.

Selain itu, Pandelaki meminta agar pihak kontraktor lebih memperhatikan kenyamanan pengguna jalan, salah satunya menyiram material pekerjaan agar tidak berdebu saat dilewati kendaraan. 

“Perlu diingat, keselamatan pengguna jalan merupakan hal wajib untuk diperhatikan dalam pekerjaan jalan,” tandas Pandelaki.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mitra DR Welly Munaiseche yang dimintai tanggapannya mengaku jika pekerjaan perbaikan jalan tersebut sepenuhnya kewenangan Balai Jalan Nasional. “Kami di sini (Dinas PU Mitra, red), hanya sebatas koordinasi. Akan tetapi, apa yang jadi keluhan akan kami sampaikan ke Balai Jalan,” tukas Munaiseche.

Penulis: Ryan Sandag