oleh

Sumendap Tandatangani MoU Penanganan Aduan Dugaan Korupsi

-Minsel & Mitra-76 views

METRO, Ratahan – Bertempat di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Selasa (4/9/2018), Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH menandatangani kesepakatan kerjasama atau Memorandum of Understanding (Mou) terkait upaya pemberantasan korupsi maupun pemenuhan pajak.

Juru bicara Pemkab Mitra, Franky Wowor mengatakan, MoU terkait penangananan korupsi berkaitan dengan koordinasi aparat pengawasan internal pemerintahan atau APIP dengan aparat penegak hukum (APH).

“Koordinasi ini bertujuan untuk memaksimalkan penanganan laporan atau aduan masyarakat terkait adanya indikasi tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan pemerintahan,” ujar Wowor.

Sedangkan MoU terkait pemenuhan kewajiban perpajakan, merupakan syarat pemberian layanan publik. 

“Program ini merupakan imlementasi dari instruksi presiden nomor 7 tahun 2015 yang bertujuan untuk mendorong peningkatan iklim usaha dan iklim investasi. Pemerintah kabupaten berkewajiban mempercepat proses perijinan usaha akan tetapi diharapkan potensi pajaknya jangan sampai lolos,” jelas Wowor.

Penandatanganan dua MoU tersebut, dilakukan Bupati dihadapan Irjen Kemendagri Sri Wahyu Ningsih SH MHum, Gubernur Sulut Olly

Dondokambey SE, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut M Roeskanadi SH, Kapolda serta Kepala Kanwil DJP Suluttenggo-Malut Agustin V Avantin.

Sumendap dalam pernyataannya mengaku, dua MoU tersebut, selaras dengan komitmen Pemkab Mitra dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bebas dari korupsi serta investasi yang memenuhi standart aturan termasuk kewajiban perpajakan. “Ini menjadi kewajiban yang harus dijalankan semua jajaran pemerintahan di Kabupaten Minahasa Tenggara,” tandas Sumendap.

Penulis: Ryan Sandag