oleh

Disdik Minut Verifikasi 860 Guru Honorer

Kadis Pendidikan Alpret Pusunglaa

METRO, Airmadidi – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahsa Utara melakukan verifikasi sekitar 860 guru honorer SD dan SMP swasta maupun negeri.

“Verifikasi ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti jumlah guru honor yang mengabdi di Minut karena terkait honor yang diterima oleh mereka. Karena semua harus melalui aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Ini (verifikasi) untuk lebih mngetahui lebih jelas kondisi guru honor yang bersangkutan by name by address,” jelas Plt Kadis Pendidikan Alpret Pusunggulaa, Kamis (06/09) di kantor.

Menurut Pusunglaa, verifikasi ini untuk menghindari kesalahan data, sekaligus juga mengecek kebenaran dokumen yang dimasukan para guru honor, apakah sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan.

“Cuma mengecek data, dan mengecek kebenaran dokumen para guru honor,” ungkap Kadis.

Diakuinya, hampir 50 persen dari 860 guru honor yang mengabdi di sekolah yayasan dan tetap dibayarkan oleh Pemkab Minut dengan menggunakan APBD sebesar Rp 1 juta per bulan.

“Sebenarnya pihak yayasan dalam mengangkat guru honor harus pula siap membayar mereka. Namun dengan kebijakan pemerintah, mereka tetap disubsidi dengan anggaran yang ditata di APBD. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan kas daerah,” pungkasnya.

Penulis: Agust Randang

Komentar