oleh

Awas! Minut Belum Miliki Jalur Evakuasi Tsunami

-Minut & Bitung-103 views

Forsman Dandel SSos

 

METRO, Airmadidi – Wilayah Sulawesi masuk dalam jalur gempa yang rawan menimbulkan bencana Tsunami. Uniknya sampai saat kini belum tersedia jalur evakuasi menghadapi ancaman tsunami di Kabupaten Minahasa Utara.

Hal ini diakui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Utara Forsman Dandel S.Sos kepada wartawan, Senin (08/10) kemarin. “Sekarang memang belum ada. Kami baru akan anggarkan titik-titik atau jalur evakuasi tsunami tahun depan,” aku Dandel.

Diakuinya saat ini yang baru tersedia, adalah titik-titik evakuasi untuk bencana longsor di Desa Sawangan dan Desa Tanggari kecamatan Airmadidi. “Beberapa waktu lalu kami sosialisasi sekaligus memasang titik-titik evakuasi di Desa Sawangan dan Tanggari untuk bencana longsor. Ada juga titik evakuasi untuk bencana banjir waktu BPBD Minut dipimpin dr. Rosa Tidajoh,” jelas Dandel.

Untuk sosialisasi menghadapi gempa dan tsunami bagi anak-anak sekolah dan masyarakat menurutnya sudah pernah dilakukan. “Tahun 2019 kita akan lebih difokuskan pada sosialisasi. Nantinya kita akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan supaya satu kali jalan,” ungkap Dandel seraya menambahkan pengadaan titik/jalur evakuasi dan sosialisasi tersebut sangat penting untuk meminimalisasi jatuhnya korban akibat bencana gempa dan tsunami.

 

Penulis: Agust Randang

Komentar