oleh

Dibuka Kadispora Sulut, 16 Tim Ramaikan Kejuaraan Bola Voli U-17 Kemenpora Cup

Kadispora Sulut, Marshel Sendoh didampingi Ketua Panpel, Joppie Komaling dan Kabid Olahraga International Kemenpora RI, Ferry Hadju berpose bersama Panpel Kemenpora Cup 2018

SEBANYAK 16 tim bola voli yang tersebar di sejumlah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara (Sulut), ikut meramaikan Kejuaraan Bola Voli Terbuka U-17 memperebutkan trophy Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Tahun 2018 di Aula SMA Negeri 1 Manado.

Kejuaraan yang dibuka Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Sulut, Marshel Sendoh, SH MSi, Sabtu (20/10) akan berlangsung hingga tanggal 30 Oktober 2018. “Dari jumlah 16 tim yang ikut, terbagi menjadi 10 tim putra dan 6 tim putri,” kata Andyka Lontoh, salah satu personil pelaksana pertandingan.

Tim putra terdiri dari Tunas Muda Kapitu, Pertamina Lahendong, Angin Mamiri, Elfata dan SMANSO Pro di pool C. kemudian Jelo Junior, J-Man Tomohon, YPC Minahasa, Electric PLN dan Rexmundi. Selanjutnya enam tim kelompok putri terdiri dari Rexmundi, SMANSA Pro, Elektric PLN di pool A dan Bitung  Bersatu, Mapalus serta Jelo JR di pool B.

Kejuaraan Bola Voli U-17 Trophy Kemenpora Cup diprakarsai oleh Kawanua Bola Voli Sulut (KBVS), yang diketuai Jopie Komaling. “Kejuaraan ini dilaksanakan berkerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan tujuan mempersiapkan atlet menuju Kejurnas U-17 pada bulan November 2018 sekaligus persiapan menghadapi Pra-PON,” kata Joppie Komaling.

Sementara itu Kabid Olahraga internasional Kemenpora RI, Ferry Hadju yang hadir pada pembukaan kejuaraan mengatakan pemerintah pusat melalui Kemenpora RI akan terus mendukung  setiap program pembinaan prestasi yang dilakukan oleh setiap daerah di indonesia termasuk di Sulut.

“Apalagi di era tahun sembilan puluhan olahraga bola voli di Sulut bisa meraih prestasi yang membanggakan bahkan mampu berkontribusi bagi negara Indonesia dengan masuknya  sejumlah pemain yg membawa nama tim bola voli Indonesia di kancah internasional seperti Anna Manopo, Henny Pasule serta Maya Lumenta,” kata Ferry Hadju.

Bahkan, lanjut Hadju, hingga saat ini sejumlah atlet bola voli Sulut juga masih berkonribusi bagi Tim Nasional Indonesia di ajang internasional Asian Games XVIII/2018. “Seperti Aprilia Manganang dan Amasya Manganang serta Rendy Tamamilang, yang tampil di Asian Games baru-baru ini,” lanjut Hadju, yang juga adalah mantan atlet bola voli.

Pada bagian lain, Kadispora Sulut, Marshel Sendoh SH MSi seusai membuka Kejuaaan Bola Voli Terbuka U-17 Kemenpora Cup mengatakan hajatan ini patut diberikan apresiasi yang tinggi. Pasalnya ajang ini dinilai sangat menunjang program dari pemerintah propinsi untuk meraih prestasi hingga di ajang Pra PON dan PON XX Tahun 2020 nanti.

Penulis : Denny Andries

Komentar