oleh

Disdukcapil Minut Musnahkan 4.613 e-KTP

-Minut & Bitung-83 views

Disdukcapil Minut membakar ribuan e-KTP yang invalid

 

 

METRO, Airmadidi – Sebanyak 4.613 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang rusak atau invalid dimusnahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Utara di halaman kantor dinas, Senin (17/12/2018) lalu.

Ribuan keping KTP dimusnahkan dengan cara dibakar dan disaksikan sejumlah pejabat Pemkab Minahasa Utara. Diantaranya lain Plt. Kadisdukcapil Arnolus Wolajan SSTP Msi, Kabag Pemerintahan Drs Alpret Pusungulaa MAP, Kasatpol PP dan Kebakaran Drs Theodore Lumingkewas MM, perwakilan kepolisian, sejumlah sekdes dan masyarakat.

“KTP elektronik yang dimusnahkan adalah yang rusak misalnya sudah patah. Kalau yang invalid karena ada perubahan status dan data. “KTP yang sudah invalid dan lama kita tahan dan ikut dimusnahkan,” jelas Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Anita Enoch MSi.

Lanjut Enoch, pemusnahan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid tertanggal 13 Desember 2018 yang ditujukan kepada bupati dan walikota di seluruh Indonesia.
Sesuai surat edaran, menurut Enoh, setiap dilakukan pemusnahan harus disertai berita acara pemusnahan.

“Kami buatkan berita acara setiap dilakukan pemusnahan KTP elektronik dan langsung dilaporkan ke kementerian,” ungkapnya.
Ditambahkannya pemusnahan ini juga supaya KTP elektronik yang invalid tidal disalahgunakan.(RAR)

Komentar