oleh

Jalan Ir Soekarno Kalawat Didesak Segera Diperbaiki

-Minut & Bitung-118 views

Kondisi jalan Ir Soekarno rusak

 

 

 

METRO, Airmadidi — Menjelang hari raya Natal dan mendekati akhir tahun, mobilitas masyarakat meningkat di jalur Manado-Bitung tepatnya di Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Kalawat, Minahasa Utara. Sayangnya sejumlah titik di ruas jalan itu dipenuhi lubang berbahaya.

Terutama lokasi dekat rumah orang nomor satu di Sulut, jalannya sudah sangat memprihatinkan. Uniknya kerusakan itu di titik yang sama dan sudah pernah beberapa kali diperbaiki.
Vicko Tamunu Warga Minsel yang merantau kerja di Minahasa Utara mengeluhkan bahwa pemerintah seakan-akan membunuh masyarakat secara perlahan dengan tidak memperbaiki jalan tersebut.

“Iya saya salah satu dari ratusan korban di jalan tersebut. Mungkin pemerintah akan memperbaiki kalau sudah ada korban tewas di jalan itu,” tukas karyawan swasta itu.
Dirinya meminta pemerintah untuk segera memperbaiki jalan tersebut. “Jalan ini juga setiap hari dilalui bapak Gubernur Sulut Olly Dondokambey, tetapi tidak dihiraukan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN),” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ipay, seorang driver ojek. “Masa pemerintah tidak bisa memperbaiki jalan ini supaya tidak selalu rusak. Kalau yang biasa-biasa rusak kembali, berarti harus pakai cara lain supaya tidal selalu rusak,” tutur Ipay.

Sementara menurut aktifis Minut William Simon Luntungan perbaikan jalan tersebut nampaknya hanya asal jadi sehingga menghamburkan uang rakyat.

Lanjut Luntungan harusnya Kepala Balai BPJN XV dan Kepala Dinas PUPR Pemprov Sulut peka dengan masalah jalan ini dan bukan saling lempar bola serta menunggu perintah dari atasan.

“Jalan ini harusnya diperbaiki pemerintah karena merupakan jalur utama warga untuk menuju beberapa daerah kabupaten/kota di sekitar Minut. Apa harus ada korban dan warga demo baru dilakukan perbaikan,” pungkas Luntungan.(RAR)

Komentar