RSUD Bitung Resmi Milik Pemprop Sulut

Penyerahan alat kesehatan dan mobil ambulans untuk RSUD Bitung.

METRO, Bitung- Pemprop Sulut menggelar pertemuan perdana dengan para ASN-nya di Kota Bitung. Pertemuan itu berlangsung Jumat (4/1/2019) siang, bertempat di areal parkir RSUD Bitung.

Pertemuan ini sengaja dilaksanakan di tempat tersebut. Pasalnya ada dua agenda terkait yang turut dilaksanakan, yaitu penyerahan alat kesehatan dan mobil ambulans ke RSUD Bitung, serta syukuran atas keberhasilan lulus Akreditasi Bintang empat instansi kesehatan itu.

Pertemuan ini dipimpin Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. Ia didampingi Asisten I Setdaprov Sulut Edison Humiang, serta Kepala Dinas Kesehatan Sulut Debby Kalalo. Adapun Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri turut diundang dalam acara tersebut.

Dalam laporannya Direktur UPTD RSUD Bitung Piter Lumingkewas mengaku bersyukur. Ia senang karena kepemilikan instansi itu sudah ada kepastian.

Baca Juga :  Angkutan Online: Kami Hanya Mencari Nafkah

“Setelah 10 tahun menunggu akhirnya ada kepastian. Untuk itu Puji Syukur kepada Tuhan (RSUD Bitung) boleh kembali ke pangkuan pemilik (Pemprov Sulut),” tuturnya.

Piter pun optimis peralihan kepemilikan ini akan berujung positif. Ia percaya RSUD Bitung akan semakin maju dalam segala aspek.

“Kita (RSUD Bitung,red) ini ibaratnya anak yang hilang. Dan yang namanya anak hilang tapi sudah kembali pasti disayang. Makanya saya yakin di bawah kendali Pemprov Sulut kita akan semakin maju. Untuk itu mohon topangan dan dukungannya dari pak Gubernur dan pak Wakil Gubernur,” pintanya.

Sementara itu, Steven Kandouw dalam sambutannya menyatakan hal serupa. Ia yakin RSUD Bitung akan lebih baik di kemudian hari.

Baca Juga :  Komisi Informasi Berharap Manado jadi Contoh Kota Transparan

“Yang penting Pak Dokter (Piter Lumingkewas,red) kerja dengan benar. Utamakan pelayanan yang profesional dan benahi kekurangan,” tukasnya.

Steven sendiri menegaskan dukungan Pemprop Sulut untuk RSUD Bitung. Tak cuma fasilitas dan peralatan, topangan anggaran pasti dikucurkan pihaknya.

“Contoh saja di Manado, dua rumah sakit kita topang penuh pengembangannya. Anggaran yang kita kucurkan mencapai Rp400 miliar lebih dan hasilnya bisa dlihat sendiri. Sekarang RSUP Kandou dan Rumah Sakit Mata sudah jauh lebih baik. Nah, hal serupa pasti kita lakukan untuk RSUD Bitung,” janjinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sulut Debby Kalalo membeber alat kesehatan yang diserahkan. Ia menyampaikan itu saat diwawancarai usai pertemuan.

“Melengkapi dua unit mobil ambulans yang kita bawa, alat kesehatan yang terdiri dari USG, meja operasi, tempat tidur pasien, bath side, EKG, doppler, pasien monitor dan sentral monitor, juga sudah diserahkan. Masing-masing alat ini diserahkan bukan cuma satu unit, tapi sesuai dengan kebutuhan yang ada. Dan kedepan akan terus kita tambah dengan yang lain-lain,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ada Produk Ikan Kering Berformalin di Swalayan Manado

Kecuali ASN Pemprop Sulut yang bertugas di wilayah Bitung, turut hadir sejumlah tamu undangan pada pertemuan ini. Mereka diantaranya mantan pejabat Pemkot Bitung Fabian Kaloh, Ketua DPRD Minut Berty Kapoyos, serta tokoh masyarakat Minut Denny Lolong.

Sebelumnya, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2019 kepemilikan RSUD Bitung telah beralih. Setelah di bawah kendali Pemkot Bitung dari tahun 2008 silam, kini kepemilikan dikuasai penuh Pemprop Sulut. (BDS)

Bagikan sekarang...

Berita Terbaru