oleh

Pleno HPPS, Dinkes Mitra LakukanPemeriksaan Kesehatan

-Minsel & Mitra-37 views

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Dinkes Mitra.(ist)

 

 

 

 

METRO, Ratahan – Hasil Penghitungan perolehan suara atau HPPS Pemilu 2019, masih dalam tahapan pleno di tingkat Kecamatan. Tahapan yang sudah berlangsung selama tiga hari, cukup menguras waktu dan tenaga penyelenggara maupun pihak terkait lainnya.

Pantauan METRO, hingga Senin (22/04/2019) malam, pleno HPPS Pemilu di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang sudah berlangsung di 12 Kecamatan sejak Jumat (20/04), masih belum juga tuntas. Kondisi ini sendiri, menuntut pihak yang terlibat dalam pleno untuk mampu menjaga stamina, jika tak ingin kesehatan terganggu. “Memang stamina so mulai menurun. Tapi, ini tugas kami, sehingga harus kami jalani,” ungkap sejumlah penyelenggara di Kecamatan Silian Raya.

Kondisi ini sendiri, menjadi perhatian serius Bupati Mitra, James Sumendap SH. Melalui instruksinya, Dinas Kesehatan setempat, Senin (22/04/2019) tadi malam, menurunkan tim medis guna melakukan pemeriksaan kesehatan bagi semua penyelenggara maupun pihak terkait lainnya. “Ini (pemeriksaan kesehatan, red) untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, khususnya menurunnya kondisi fisik penyelenggara maupun pihak terkait yang melaksanakan pleno,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr Helny Ratuliu sembari menambahkan, kebijakan pemeriksaan kesehatan gratis ini, berlaku di 12 Kecamatan.

Selain menurunkan Tim Medis, Ratuliu mengaku pihaknya juga menyiagakan ambulans untuk mobilisasi jika ada yang akan dirujuk ke rumah sakit. “Saat ini, kami dalam kondisi siaga. Untuk ambulans, sudah disiapkan di masing-masing puskesmas,” jelas Ratuliu.
Kebijakan Pemkab Mitra ini sendiri, diapresiasi sejumlah pihak termasuk penyelenggara maupun pihak terkait lainnya. “Kami merasa bersyukur karena dikunjungi pihak Dinas Kesehatan untuk memeriksa kondisi kesehatan kami yang memang kondisi fisik sudah mulai menurun,” ungkap Ta Senewe, salah satu saksi partai yang sejak hari pertama mengikuti pleno HPPS di Kecamatan Silian Raya.(ian)

Komentar