oleh

CdM Meeting PON XX Tak Sentuh Soal 10 Cabor

Menpora ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan CdM Meeting PON XX Papua

METRO- CHEF de mission (CdM) Meeting PON XX Tahun 2020, yang berlangsung di Suna Garden Lake Sentani Jayapura, Kamis (13/02) tak menyentuh soal 10 cabor yang kabarnya akan digelar di Jawa Timur. Bahkan, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman justru lebih fokus pada kesiapan Papua sebagai penyelenggara PON XX untuk.37 cabor.

Bahkan dalam laporannya, PB PON telah memastikan 37 cabot dengan jumlah nomor pertandingan sebanyak 679, jumlah atlet yang bertanding sebanyak 6442 plus jumlah medali 2212 keping, yang terbagi 679 medali emas, 679 perak dan 854 medali perunggu.

Sementara untuk venue akan terpusat di empat kabupaten yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan kabupaten Merauke.

Sementara, Ketua Umum KONI Pusat ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan CdM Meeting memberikan garansi soal kesiapan venue di empat klaster yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“Venue yang akan digunakan untuk PON secara umum telah siap digunakan,” kata Marciano Norman.

Soal kesiapan Papua melaksanakan PON XX Tahun 2020 juga diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga.

“Pantauan saya di beberapa venue yang akan digunakan pada PON nanti secara umum telah siap digunakan. Bahkan, saya sangat terkesan ketika memantau Stadion Papua Bangkit yang akan menjadi tempat upacara pembukaan PON,” ujar Menpora.

Terkait dengan belum adanya kejelasan soal 10 cabor, Ketua Harian KONI Sulut, Kolonel Inf Theo Kawatu SIP mengaku belum bisa memberikan komentar yang lebih.

Sebab, soal dipertandingkan atau tidak adalah wewenang dari pusat termasuk Pemerintah melalui Kemenpora dan KONI Pusat, yang berkompeten untuk mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pengganti SK 100 yang hanya mengakomodir 37 Cabor untuk PON XX 2020.(dni)

Terkait