oleh

PLN Pulihkan Aliran Listrik Wilayah Terdampak Banjir di Poso

METRO- Pasca banjir yang melanda Kabupaten Poso pada Selasa (3/3) pekan lalu, PLN terus berupaya menyalakan kembali aliran listrik wilayah terdampak banjir di Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso.

Untuk mengidentifikasi gardu-gardu yang tergenang, Manager PLN UP3 Palu, Wardi Hadi dan tim langsung turun lapangan melakukan inspeksi kondisi gardu dan kabel daerah dampak banjir dilokasi tersebut.

Dari data yang diperoleh METRO, diketahui hingga Sabtu (7/3), jumlah gardu terganggu 3 unit, dan status 3 unit sudah pulih dan beroperasi. Dari sisi pelanggan, total 192 berhasil dilakukan recorvery 83 pelanggan, tersisa 109 pelanggan yang masih padam.

Tidak hanya itu, dari informasi yang diterima petugas PLN, banjir bandang yang terjadi telah mengakibatkan kerusakan rumah di daerah yang terkena dampak bencana dengan total rimah hanyut 5 unit, rumah rusak berat berjumlah 65 unit, dan rumah rusak ringan 73 unit.

Adapun total data pengungsi sebanyak 952 orang, sehingga kondisi sekarang belum dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Christyono mengungkapkan bahwa saat ini petugas PLN berada dilapangan guna recovery jaringan listrik yang terdampak padam, karena kerusakan yang terjadi akibat banjir. Ini membutuhkan waktu penanganan yang tidak sebentar.

“Dilengkapi dengan peralatan kerja yang mendukung serta tetap memperhatikan keselamatan kerja petugas dengan sigap melakukan penanganan dilokasi terdampak padam tersebut. Semoga kondisi kelistrikan segera normal,” ujarnya.

“Aliran listrik di rumah pelanggan akan dinyalakan kembali setelah penandatanganan berita acara dengan ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman,” kata Christyono menambahkan.

Untuk diketahui, pelanggan dapat menghubungi contact center PLN 123 dalam keadaan darurat. Contact center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di 0431-123, melalui facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, PLN mobile, yang dapat diunduh di google playstore untuk android atau app store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.(71)

Banjir dan Tanah Longsor di Bolmong, PLN Amankan Warga Dari Sengatan Listrik///

METRO, Manado- Demi menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik, PLN melakukan pemadaman sementara di sejumlah wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor, yaitu di daerah Bolaang Mongondow Utara, dan sebagian Kabupaten Bolaang yakni Desa Mokoditek, Desa Sangkub, Desa Pangi dan Desa Domisil.

Dari data yang diperoleh koran ini, diketahui bahwa progress penanganan gangguan PLN Unit Layanan Pelanggan Bolmut meliputi total gardu padam 72 Unit, gardu yang sudah menyala 62 Unit, gardu padam 10 unit, total tiang roboh 4 titik, 2 titik sudah diperbaiki. Kemudian pohon roboh kena jaringan  3 titik, 1 titik sudah diperbaiki.

Sementara Kantor PLN yang terdampak banjir yaitu Kantor Jaga Sangkub.

Untuk wilayah terdampak padam antara lain sebagian wilayah Kecamatan Bolangitan Timur, Kecamatan Bintauna, Kecamatan Sangkub, Kecamatan Sangtobolang, dan sebagian Kecamatan Lolak. Dimana ada sekitar 60 desa yang terdampak banjir. Yang belum surut 15 desa. Dari 15 desa tersebut, sekitar 4.500 kepala keluarga yang terdampak.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Christyono mengatakan, petugas PLN terus melakukan pemulihan kelistrikan di lokasi-lokasi bencana. Namun, memang terdapat beberapa lokasi yang belum teraliri listrik, karena akses ke gardu listrik memang sulit dijangkau. Jika memungkinkan dari sisi keamanan, petugas bisa menerjang banjir, demi memeriksa kondisi gardu dan demi listrik segera menyala.

“Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik,” ujar Christyono.

Dia menghimbau, setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. “PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik,” kata Christyono.

Untuk diketahui, pelanggan dapat menghubungi contact center PLN 123 dalam keadaan darurat. Contact center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di 0431-123, melalui facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, PLN mobile, yang dapat diunduh di google playstore untuk android atau app store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.(71)