oleh

Senator SBANL Sampaikan Keluhan dan Kebutuhan Sulut ke Kepala BNPB

SBANL saat virtual meeting dengan Kepala BNPB

METRO, Manado- Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menyatakan mendukung, mengawal dan bersama pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

Meski demikian, sebagai wakil daerah, sudah kewajiban untuk menyampaikan berbagai masalah, kendala dan upaya yang dihadapi pemerintah dan masyarakat di daerah.

Hal ini disampaikan Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) secara protokol waspada Covid-19 (virtual meeting) dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, Kamis (23/4/2020).

Ir. Stefanus BAN Liow, MAP, satu di antara 34 Anggota Komite II DPD RI yang mengikuti RDP secara virtual meeting.

SBANL melakukan RDP virtual meeting dari kediamannya, di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam RDP tersebut, kata SBANL, Letjen Doni Monardo sebagai Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 secara detail menjelaskan langkah-langkah BNPB/Gugus Tugas dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, SBANL menyampaikan berbagai kendala, masalah, dan kebutuhan daerah yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah pusat. “Di antaranya, keterbatasan ketersediaan alat pelindung diri (APD), susah mendapatkan ekstrasi reagen untuk beroperasinya laboratorium, dan ventilator,” kata SBANL, Kamis malam

Lanjut SBANL, dirinya juga menyampaikan pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak Covid-19, baik saat ini maupun pasca Covid-19 nanti. Hal lainnya, Senator SBANL berharap agar Gugus Tugas Nasional dengan melibatkan unsur terkait untuk segera terintegrasi pelaporan data agar masyarakat tidak membuat bingung. “Penyajian data Covid-19 harus sinkron antara pusat dan daerah,” ujarnya.

Dia juga menuturkan, Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di Sulawesi Utara bersama stakeholder lainnya bahkan lembaga keagamaan dan elemen masyarakat secara maksimal mengerahkan semua potensi dan energi positif dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 termasuk memutus penyebaran virus yang mematikan itu.

RDP tersebut dipandu langsung Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai (Papua) didampingi Wakil Ketua Dr Ir Abdullah Puteh (Aceh), dan Hasan Basri, SE,MH (Kalimantan Utara).

Pada akhir RDP virtual meeting, Ketua Gugus Tugas Pusat Letjen Doni Monardo memberikan apresiasi kepada Pimpinan dan Anggota Komite II DPD RI memberikan apresiasi dan terima kasih atas masukan dan usulan konkrit dalam upaya pencegahan dan penanganan mewabahnya Covid-19m Mantan Komandan Paspampres ini meminta para Senator untuk mengingakatkan Posko/Satgas dimasing-masing daerah untuk data masuk ke pusat sudah lengkap dan akurat supaya benar-benar terintegrasi pelaporan. (YSL)