Autodebet BNI Permudah Pembayaran Iuran JKN-KIS di Tengah Pandemi Covid-19

BAGI Ke :

METRO, Manado- Otomatisasi pembayaran atau lebih dikenal sebagai auto debet, saat ini ikut membantu pencegahan penyebaran covid-19.

Dengan autodebet BNI, di masa pandemi ini peserta jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS) tidak perlu keluar rumah dan antri untuk melakukan pembayaran manual. Peserta hanya perlu memastikan nomor rekening aktif dan memiliki saldo maka saldo agar dapat terpotong otomatis sesuai dengan jumlah iuran peserta.

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik, BPJS Kesehatan Cabang Manado, Gladies Eman mengatakan, saat ini peserta JKN-KIS melakukan pembayaran iuran ke beberapa pos pembayaran antara lain payment point online bank, teller bank dan ATM.

Baca Juga :  Perempuan Sulut ini Lantang Tolak Kenaikan Iuran BPJS di Senayan

“Pembayaran iuran dapat juga dilakukan melalui auto debet melalui rekening bank yang dimiliki peserta. Pembayaran melalui proses auto debet hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU). Pengembangan pun dilakukan melalui autodebet bank dan non-bank. Salah satunya autodebet Bank BNI,” ujar Gladies, kemarin.

Supervisor BNI Cabang Manado, Sherly Kumentas mengatakan, dalam kondisi wabah covid-19, BNI Cabang Manado tetap setia melayani proses autodebet BPJS Kesehatan dengan jam operasional 09.00 – 14.00 WITA.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Terapkan Social Distancing Lewat Mobile JKN Fakses

“Dalam proses pendaftaran autodebet BNI, peserta JKN-KIS melampirkan foto copy (FC) kartu keluarga, FC kartu tanda penduduk pemilik rekening, dan FC buku tabungan dan rekening koran 3 bulan terakhir, serta materai 6000 untuk surat kuasa autodebet,” ujar Sherly.

Sementara itu, Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Manado, Richard Lasut mengungkapkan bahwa dengan adanya auto debet, iuran JKN-KIS peserta terhindarkan dari non aktifnya kartu JKN-KIS. “Dengan demikian peserta tidak perlu khawatir dengan terkenanya denda pelayanan. Saat ini jumlah peserta JKN-KIS yang melakukan pembayaran iuran JKN-KIS melalui auto debet sebanyak 14.481 orang,” katanya.(71)