Imbauan Bupati, Warga Boltim Bisa Beribadah Kembali di Masjid dan Gereja

BAGI Ke :

METRO, Boltim– Meski situasi pandemi Covid-19 belum berakhir, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Surat Edaran Nomor 02/BMT/62/V/2020 yang ditandatangani Bupati Sehan Landjar, mengizinkan rumah ibadah Masjid dan Gereja dapat digunakan untuk beribadah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemda Boltim Drs. Hamdi Egam dalam press rilisnya, Rabu (20/05/2020). Lanjutnya, semua umat muslim yang beribadah di Masjid maupun kristiani di Gereja, wajib melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selain itu juga, harus mematuhi beberapa persyaratan yang menjadi kesepakatan bersama Pemda Boltim dengan sejumlah organisasi keagamaan yakni; Pengurus Hari Besar Islam (PHBI), Kementrian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Organisasi Islam Nadhatul Ulama (NU), Muhamadya dan Dewan Masjid Indonesia.

Antara lain, rumah ibadah Masjid dan Gereja disemprot disinfektan setiap dua hari dilengkapi wadah untuk cuci tangan. Jemaat yang beribadah hanya penduduk setempat dan tidak sedang sakit, kemudian memperhatikan jaga jarak dan selalu menggunakan masker.

Terkait, kegiatan ibadah umat muslim di bulan Ramadhan 1441 H tahun 2020 ini, dalam surat edaran ini menyepakati beberapa hal, diantaranya; Buka puasa bersama, Shalat Taraweh, Shalat Wajib dan Shalat Jumaat berjemaah agar mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selanjutnya, Ibadah Shalat Idul Fitri  1 Syawal 1441 H,  di maisng-masing desa bersama jemaah dan masyarakat setempat, dapat dilakukan di lapangan terbuka seperti halaman Masjid, halaman sekolah, halaman rumah dan wajib mematuhi protokol kesehatan. (WIN)