137 Pelanggan PLN di Sangihe Terima Bantuan Sambungan Listrik Gratis

BAGI Ke :

METRO, Manado- PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada 137 pelanggan di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, pada Kamis (25/06).

Penyerahan bantuan listrik gratis ini disalurkan melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna dengan lokasi tempat penyerahan bantuan tersebar di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) Listrik Subsidi Gratis ini dikhususkan bagi warga yang tidak mampu, yang masuk dalam basis data terpadu TNP2K ataupun masyarakat tidak mampu yang tinggal di daerah desa terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Baca Juga :  PLN Peduli Salurkan Bantuan Hand Washer Portable di Gorontalo

Informasi yang diperoleh METRO menyebutkan bahwa bahwa program CSR ini merupakan wujud nyata PLN dalam mendukung pemerataan kelistrikan. Sebelumnya rasio elektrifikasi di Sulawesi Utara sebesar 99,22 persen. Setelah program ini menjadi 99,26 persen. Total bantuan penyambungan listrik gratis dalam rangka peningkatan rasio elektrifikasi di Sulawesi Utara ini berjumlah Rp.100.500.000.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Maria Basuki Bremani mengungkapkan bahwa bantuan ini selain untuk meningkatkan rasio elektrifikasi juga untuk kesejahteraan masyarakat khususnya menengah ke bawah, dan memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat.

“Visi 75/100, yaitu di hari ulang tahun ke-75 Negara Kesatuan Republik Indonesia, tercapai 100 persen rasio elektrifikasi di Sangihe, menjadi konsen untuk mewujudkan terang bagi masyarakat di kepulauan yang belum merasakan listrik,” kata Leo.

Baca Juga :  PLN Kotamobagu Wujudkan Kawasan Hijau Bersama Pemerintah

Dia berharap, masyarakat akan lebih produktif jika sambungan listrik sudah diberikan, anak-anak bisa belajar dengan tenang, dan aktifitas masyarakat bisa dilakukan sampai malam hari. Bahkan membuka peluang usaha rumahan, pengolahan ikan dan usaha lainnya.

“Semoga bantuan ini memberikan makna dan kebahagiaan. Saya berharap kedepan ada partisipasi dari pihak lainnya untuk memberikan bantuan CSR bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Leo.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana memberikan apresiasi kepada PLN yang memberikan bantuan listrik gratis sehingga masyarakat lebih nyaman dalam bekerja. “Pesan saya kepada warga untuk tidak lupa membayar listrik,” katanya.

Baca Juga :  PLN: Jangan Mudah Percaya Promo Alat Penghemat Listrik

Senior Manager SDM dan General Affairs yang membidangi CSR, Galih Chrissetyo mengungkapkan bahwa program peduli ini, PLN akan terus berkomitmen membangun CSR dengan fokus sustainable development goals (SDGs), dimana harapannya setiap program CSR bisa menyasar terhadap 17 program SDGs.

“Meliputi pengentasan kemiskinan, pangan, kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, ketersediaan air, ketersediaan energi, peningkatan perekonomian masyarakat, infrastruktur, iklim, pemukiman, ekosistem kelautan, dan juga keberlanjutan untuk mendukung pembangunan,” ungkap Galih.(71)