oleh

BSPS di Mitra Diharapkan Mampu Tingkatkan Kesejahteraan MBR

METRO, Ratahan- Bantuan stimulan perumaham swadaya atau BSPS bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mulai disalurkan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Mitra, Novi Legi mengatakan, bantuan yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan khususnya bagi masyarakat yang tinggal di kawasan kumuh, diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan penerima.

“Tujuannya, penerima mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak. Dengan begitu, penghasilan mereka dapat dimanfaatkan pada hal lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan,” ujar Legi saat meninjau pekerjaan BSPS di Desa Borgo, Kecamatan Pusomaen.

Dikatakan Legi, bantuan ini bersifat stimulan sehingga penerima diharapkan tetap pada komitmen untuk berswadaya baik berupa bahan bangunan maupun tenaga kerja sebagai pendamping bagi bantuan yang diberikan pemerintah.

“Makanya perlu ada gotong royong semua penerima dalam melaksanakan pekerjaan, sehingga biaya tenaga kerja dapat teratasi,” tukas Legi.

BSPS di Mitra tahun 2020 ini sendiri, menyasar kepada 120 penerima yang tersebar di Kecamatan Pusomaen, Ratatotok dan Belang dengan total anggaran Rp2,1 milyar plus Rp105 juta untuk kegiatan penunjang.
“Masing-masing penerima menerima bantuan senilai Rp17.500.000,” pungkas Legi.(ian)