oleh

Rapid Test Penyelenggara Pemilu di Mitra, Wolter Cs Gandeng RS Wolter Mongisidi

banner 1050236

METRO, Ratahan- Mewujudkan Pemilihan serentak yang aman dari covid19, jajaran penyelenggara di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Kamis (09/07), mulai menjalani rapid test.

Ketua KPU Mitra, Wolter Dotulong SH mengatakan, rapid test yang sementara dilaksanakan dan akan berlangsung hingga Jumat (10/07), wajib diikuti oleh 1375 jajaran KPU Mitra, yakni Komisioner KPU plus sekretariat, PPK plus sekretariat, PPS plus sekretariat.

“Begitu juga dengan 280 calon PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) yang akan mulai bertugas melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) data pemilih, terlebih dahulu akan menjalani rapid test. Ini bertujuan untuk memastikan mereka aman dari covid19, karena dalam menjalankan tugas PPDP akan beriteraksi langsung dengan masyarakat,” jelas Wolter.

Pelaksanaan Rapid test ini sendiri, Wolter Cs menggandeng pihak Rumah Sakit RW Mongisidi sebagai pelaksana. Wolter menjelaskan, dipilihnya pihak RS milik TNI tersebut setelah sebelumnya tidak ada instansi pemerintah yang bersedia melaksanakannya dengan alasan kekurangan peralatan rapid test.

“Rapid test nanti akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penumpukkan orang di satu tempat,” tukas Wolter.

Lanjut dikatakan Wolter, khusus untuk PPDP yang akan melakukan coklit yang hasil rapid test reaktif akan langsung diganti. “Keamanan penyelenggaraan pemilu serentak, khususnya pencegahan covid19, jadi salah satu hal utama. Makanya, selain rapid test, semua jajaran penyelenggara juga akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri saat menjalankan tugasnya,” pungkas Wolter.(ian)