oleh

Nabsar Geser Superman Pimpin PKPI Bitung

METRO, Bitung- Nabsar Badoa ditunjuk menjabat Ketua DPK PKPI Bitung. Ia didapuk menggantikan Superman Gumolung yang tiba-tiba dicopot. Alhasil, indikasi adanya gejolak mencuat dari bekas partai penguasa tersebut.

Informasi soal ini mencuat sejak Selasa (26/01) malam. Dan Nabsar yang dikonfirmasi sore kemarin telah membenarkan. Ia mengakui bahwa dirinya ditunjuk memimpin PKPI Bitung.
“Ya, ditunjuk sebagai ketua untuk menjalankan tugas partai di Bitung,” ujarnya melalui pesan singkat.

Nabsar menjelaskan bahwa dirinya diangkat berdasarkan surat keputusan (SK) dari DPP PKPI Sulut. SK itu bertanggal 25 Januari 2021 dengan nomor 01/SKEP/DPP PKP IND/2021.
“Jadi surat itu isinya dua, menonaktifkan ketua lama dan menunjuk saya sebagai ketua baru,” tukas Ketua Badan Kehormatan DPRD Bitung ini.

Ronald Pauner selaku Ketua DPP PKPI Sulut juga sudah berbicara. Ia bahkan membenarkan bahwa pencopotan Superman karena ada gejolak internal.
“Karena ada persoalan di internal partai kami. Makanya Pak Nabsar ditunjuk sebagai pengganti agar tidak terjadi kekosongan jabatan,” katanya.

Meski demikian, Ronald tak mengungkap persoalan apa yang terjadi. Ia hanya menegaskan bahwa pencopotan Superman dan pengangkatan Nabsar sudah sesuai mekanisme. Partai kata dia, berhak mengambil keputusan strategis dalam situasi semacam itu.

Pun demikian, Ronald belum menjawab kemungkinan pencopotan Superman dari kursi pimpinan DPRD Bitung. Ia enggan menyentil hal itu meski sudah ditanyakan.
Menariknya, tak hanya Superman seorang yang dinonaktifkan. Sekretaris DPK PKPI Bitung, Veysco Dandel, juga turut bernasib sama. Hanya saja, siapa yang menggantikan Veysco belum diketahui.

“Iya, Pak Veysco juga,” imbuh Ronald.

Di lain pihak, Superman belum memberi tanggapan perihal pencopotan dirinya. Berkali-kali dihubungi via ponsel yang bersangkutan tidak merespon. Begitu juga dengan Veysco. Layanan WhatsApp Messengernya dalam keadaan tidak aktif hingga semalam.

Pencopotan Superman dan Veysco memang cukup mengagetkan. Pasalnya hingga pekan lalu tidak ada tanda-tanda hal itu akan terjadi. Bahkan pada tanggal 15 Januari lalu Superman masih memimpin partainya saat merayakan ulang tahun ke-22. Sudah begitu, dalam kesempatan tersebut ia dan Nabsar tampak akur. Keduanya terlihat bersama-sama memasang lilin ulang tahun partai.(69)

Komentar