oleh

Dinkes Sitaro Mulai Distribusi Vaksin ke Faskes

METRO, Sitaro- Setelah melakukan pencanganan vaksinasi penanggulangan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) pada pekan lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai melakukan pendistribusian vaksin jenis sinovac ke seluruh fasilitas kesehatan (faskes) milik pemerintah daerah.

Di mana pada tahap pertama pelaksanaan vaksinasi menyasar 704 tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan penanggulangan COVID-19.

“Ya, hari ini (kemarin) kita mulai mendistribusikan vaksin ke seluruh faskes milik pemerintah daerah, yakni Rumah Sakit dan Puskesmas,” kata Kepala Dinkes Sitaro, dr Semuel Raule, Senin (1/2) kemarin.

Dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dari Polres Kepulauan Sitaro, pendistribusian hari pertama untuk Puskesmas Ondong sebanyak 38 vial, Puskesmas Hiung 34 vial, Puskesmas Talawid 25 vial, Puskesmas Sawang 21 vial, Puskesmas Ulu 47 vial, Puskesmas Lia 26 vial, RSUD Tagulandang 278 vial, Puskesmas Tagulandang 84 vial, Puskesmas Minanga 56 vial dan Puskesmas Kisihang 78 vial.

“Jumlah dosis yang kita distribusikan disesuaikan dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada di masing-masing faskes,” ungkap Raule.

“Untuk wilayah Siau menggunakan ambulance. Sedangkan wilayah Tagulandang dengan kapal cepat,” sambungnya.

Sesuai target, proses pendistribusian vaksin tahap pertama ini akan dilakukan selama tiga hari kedepan.

Adapun hal-hal penting yang menjadi perhatian pihak Dinkes dalam pengiriman vaksin ke seluruh faskes, yakni masalah rantai dingin guna menjaga kualitas vaksin. “Semua telah kita siapkan dengan baik untuk menjaga kualitas dari vaksin ini,” ujarnya.

Sementara dalam pelaksanaan vaksinasi, Raule menyebut pihaknya menyiapkan 30 tenaga vaksinator yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan. Untuk itu, ia menjamin kelancaran proses vaksinasi bagi seluruh nakes yang ada.

Meski begitu, sebelum diberikan suntikan, seluruh nakes dipastikan bakal melalui proses screening sebagaimana standar prosedur yang berlakukan dalam program vaksinasi COVID-19. “Kita semua berharap, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bagi para nakes ini bisa berjalan baik,” kuncinya.(86)

Komentar