Ikut Asesment, Birokrat Muda di Mitra Berpeluang Diangkat PTP

METRO, Ratahan- Peluang sejumlah birokrat muda di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) untuk diangkat pada jabatan Pejabat Tinggi Pratama atau PTP cukup terbuka. Ini terlihat dari diberinya kesempatan kepada mereka untuk mengikuti assessment test yang dilaksanakan sejak Sabtu (06/02) hingga Minggu (07/02).

Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra yang juga Ketua Tim Penilai Kinerja Aparatur setempat yang diminta tanggapannya tak menampik soal kemungkinan adanya birokrat muda yang akan ditempatkan di jajaran pejabat setingkat eselon 2 atau PTP. “Sepanjang memenuhi syarat administrasi dan punya kompetensi untuk menduduki jabatan tertentu di tingkat eselon 2, semua berpeluang untuk dipercayakan,” ujar Lalandos.

Dikatakan Lalandos, pelaksanaan assessment yang berlangsung di Hall Sport Kantor Bupati Mitra sebagai upaya pemetaan guna mendapatkan informasi atas kemampuan manajerial termasuk menilai sisi psikologi dari seorang aparatur. “Dari hasil assessment ini, bisa dilihat di bidang mana kemampuan seorang aparatur, sehingga penempatannya pada posisi atau jabatan yang tepat. Misalnya, seorang aparatur punya kemampuan di bidang data, maka posisi yang tepat ditempatkan di instansi yang lebih banyak mengurusi data,” jelas Lalandos.

Lanjut, Lalandos mengaku jika assessment test ini juga sebagai upaya menghadirkan birokrasi Pemerintahan Kabupaten Mitra yang handal karena penempatan pejabat berdasarkan kompetensi yang dimilikinya. “Satu hal mustahil untuk mendapatkan kemajuan kalau menempatkan seorang pejabat tidak sesuai kompetensi yang dimilikinya,” tandas Lalandos sembari menambahkan, hasil assessment akan dimumumkan Kamis (11/02) pekan ini dan dilanjutkan dengan pembuatan Makala oleh peserta.(46)

Komentar