oleh

Positif Covid-19 Mitra Bertambah 35 Kasus, Sembuh 33, Total 560

Ratuliu: Sudah 407 yang divaksin, reaktif rapid langsung di swab

METRO, Ratahan- Positif corona virus disease di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), kembali bertambah sebanyak 35 kasus. Jumlah ini hampir sebanding dengan yang sembuh yakni 33 dan total keseluruhan menyentuh angka 560 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Mitra mengatakan, angka tersebut berdasarkan data yang dirilis Satuan Tugas penanganan covid19 Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (06/02). “Ada 36 kasus yang dirilis Satgas Provinsi, namun setelah diverifikasi, satu berasal dari Boltim, sehingga yang kami rilis hanya 35 kasus,” ujar Ratuliu.

Dikatakan Ratuliu, secara keseluruhan, jumlah positif covid19 di Mitra sebanyak 560 dengan rincian, 8 kasus dalam perawatan, 88 isolasi mandiri, 20 meninggal dunia. “Untuk angka kesembuhan di Mitra juga cukup tinggi yakni 444 kasus,” jelas Ratuliu.

Sementara itu, hingga 05 Februari 2021, penyuntikan vaksinasi covid19 di Kabupaten Mitra yang tahap menyasar tenaga kesehatan (Nakes) dan Forkompida sudah diikuti oleh 407 orang. Ratuliu menjelaskan, dari 644 yang menjadi sasaran awal, 50 orang belum bisa ditunda penyuntikannya. “Selain itu, ada 48 orang tidak bisa dilayani karena terkonfirmasi positif, hamil, menyusui, komorbid dan tidak lolos screaning awal,” tukas Ratuliu.

Sedangkan pelaksanaan rapid test bagi jajaran Pemkab Mitra sebagaimana instruksi Bupati Mitra, James Sumendap SH, dua orang didapati reaktif sehingga dilanjutkan dengan test SWAB PCR.

“Rapid test yang digunakan adalah rapid antigen. Untuk saat ini, baru dua instansi yang terlayani, namun akan berlanjut ke semua instansi termasuk pemerintah desa,” pungkas Ratuliu sembari kembali mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan covid19 ini.(46)

Komentar