Minahasa Kebagian 200 Vial Vaksin AstraZeneca

METRO, Tondano- Kabupaten Minahasa kini sudah mendapatkan Vaksin AstraZeneca sebanyak 200 Vial. Dimana jumlah vaksin itu nantinya akan digunakan untuk 2 ribu orang.

Bahkan menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kabupaten) Minahasa dr Maya Rambitan jika saat ini di Tanah Toar Lumimuut ini telah mulai menggunakan jenis Vaksin AstraZeneca.

“Sudah dapat 200 Vial untuk 2 ribu orang yang akan divaksin. Dan kini sudah mulai digunakan,” jelas Rambitan.

Dirinya pun meminta kepada seluruh warga Minahasa untuk tidak khawatir dengan Vaksin AstraZeneca. Karena jenis Vaksin itu aman dan baik. Apalagi sebelum digunakan sudah melalui beberapa tahap uji klinis yang sangat spesifik sekali.

“Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) atau Penerbitan Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat untuk vaksin AstraZeneca, itu bukti jika aman dan berkualitas,” tambah Rambitan.

Bahkan menurutnya pula Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa penggunaan vaksin AstraZeneca bersifat mubah atau diperbolehkan.

Tentunya menurut Rambitan, pihaknya dalam menggunakan Vaksin itu berdasarkan aturan dan prosesdur yang berlaku. Termasuk didalamnya siapa saja yang bisa mendapati vaksin tersebut.

Dijelaskannya pula bahwa kejadian ikutan pasca Vaksinasi yang sangat umum terjadi biasanya bersifat ringan yaitu pusing, mual, nyeri otot (myalgia), nyeri sendi (arthralgia), nyeri di tempat suntikan, kelelahan, malaise, dan demam. Namun apabila keluhan berlanjut, disarankan untuk segera menghubungi petugas kesehatan atau ke fasilitas pelayanan kesehatan.(38)

Komentar