Harga Cengkih, Kakao dan Pala Dorong Kenaikan NTP di Sulut

Ekonomi271 views

METRO, Manado- Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Nilai Tukar Petani (NTP) di Sulawesi Utara pada bulan Mei 2021 sebesar 105,54, naik 2,00 persen dibandingkan dengan bulan April yang masih 103,47.

“Indeks yang diterima petani lebih besar dibanding kenaikan indeks yang dibayar petani menyebabkan NTP menunjukan perbaikan,” ujar Kepala BPS Sulut, Asim Saputra.

Dijelaskan Asim, dari hasil pemantauan harga komoditi di pedesaan, dapat dijelaskan bahwa terjadinya kenaikan NTP sebesar 2,00 persen karena indeks yang diterima oleh petani mengalami kenaikan 1,36 persen, sementara indeks yang dibayar oleh petani turun 0,63 persen.

“Sumbangsih terbesar kenaikan indeks yang diterima oleh petani adalah membaiknya harga komoditi di subsektor tanaman perkebunan rakyat, terutama komoditi cengkih, kakao dan pala biji,” katanya.

Selain tanaman perkebunan rakyat, menurut Asim subsektor tanaman pangan juga menunjukkan kinerja yang baik. Di bulan Mei nilai tukar di subsektor ini mencapai 104,43 atau naik 2,21 persen dari bulan April. “Di subsektor peternakan juga mengalami kenaikan 0,47 persen dibanding bulan sebelumnya,” ungkapnya.

Penurunan nilai tukar yang cukup tinggi, kata Asim terjadi di subsektor hortikultura, mencapai 2,43 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Nilai tukar nelayan dan pembudidayaan ikan di subsektor perikanan juga mengalami penurunan 0,56 persen dari bulan April menjadi 105,35 pada bulan Mei,” tandas Asim.(71)

Komentar