Gandeng Koba Group, Pemkab Talaud Dorong Penempatan PMI ke Jepang

Ekonomi313 views

METRO, Manado- Guna mendorong penempatan pekerja migran asal Talaud ke Jepang melalui program SSW, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud menandatangani kerjasama dengan Koba Group sebagai lembaga pelatihan bahasa Jepang, di kantor UPT BP2MI Manado, pekan lalu.

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly Lasut mengungkapkan bahwa penandatanganan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara BP2MI dengan Pemkab Talaud yang telah dilakukan pada tanggal 23 Februari 2021 lalu.

“Penandatanganan PKS ini merupakan bukti komitmen serius dari pemerintah daerah untuk melaksanakan apa yang telah diamanatkan oleh UU dan sebagai tindak lanjut dari PKS yang telah kami tandatangani dengan BP2MI tanggal 23 Februari yang lalu” jelas Elly.

Elly juga menyampaikan bahwa penandatanganan PKS ini telah mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat Talaud. “Peserta yang akan ikut dalam pelatihan nanti merupakan peserta yang benar-benar memiliki minat kerja yang tinggi untuk bekerja ke luar negeri” kata Elly.

Dalam kesempatan yang sama, Elly juga menambahkan bahwa BP2MI selaku mitra strategis dari pemerintah kabupaten Talaud akan terus dilibatkan dalam pengawasan proses penempatan ke Jepang nantinya.
“Pemda Talaud akan terus berkoordinasi dengan BP2MI dalam hal ini melalui UPT BP2MI Manado, agar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan program penempatan ke Jepang dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Elly.

Di tempat yang sama, Kepala BP2MI Manado, Hendra Makalalag menyatakan kesiapannya untuk mengawal program penempatan dari Pemkab Talaud. “BP2MI Manado akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk ikut mengawal proses penempatan program SSW ke Jepang,” kata Hendra.(71)

Komentar