oleh

Andalkan 5 Cabor, NPC Sulut Siap Tatap Peparnas XVI Papua

LIMA Cabang Olahraga (Cabor) disiapkan Pengurus National Paralimpik Commite (NPC) dalam menatap Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 yang akan berlangsung di Jayapura, Papua, 02 s.d. 15 Oktober 2021.

Dari lima cabor tersebut, Renang, Atletik, Tenis Meja, Catur bahkan Panahan telah dioptimalkan guna mempertahankan prestasi yang diukir NPC Sulut pada ajang Peparnas XV Tahun 2016 di Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Ketua Umum NPC Sulut, Billy Makal bersama Ketua Harian, Hilman Firmansyah Idrus, ST ditopang Sekum Richard Kundiman serta Bendahara Tangkilisan Steven Sualang, memastikan seluruh atlet yang berjumlah 19 orang telah siap berlomba.

Soal peluang medali, menurut Billy Makal, yang kini fokus sebagai nakoda NPC Sulut usai pensiun sebagai atlet di Peparnas XV Bandung, tetap terbuka lebar meski ada beberapa cabor adalan Sulut yang dipangkas jumlah nomor.

“Memang harus diakui jika pada Peparnas XVI Tahun 2021 berbeda dengan Peparnas sebelumnya. Sebab, ada beberapa nomor di cabor renang dan atlet tidak bisa dirangkap oleh satu atlet,” kata peraih medali perak di Peparnas XV Bandung.

Menurutnya, Steven Sualang dan Gerry Tuwaidan di cabor renang tidak bisa bertanding di nomor lain karena status mereka adalah atlet nasional yang pernah meraih medali di level internasional.

Hal yang sama juga terjadi di cabor atletik dimana Susan Unggu, yang biasanya bisa bertanding di nomor 100 dan 200 meter, kini hanya dibatasi di satu nomor dengan alasan Susan tercatat sebagai atlet Pelatnas dan pernah berprestasi di level internasional.

Kendati dibatasi, tapi menurut Richard Kundiman, NPC Sulut tetap berpeluang mencuri medali baik di cabor atletik, renang, catur, tenis meja bahkan panahan. “Yang pasti seluruh atlet telah siap bertanding dan siap memberikan sumbangsih prestasi bagi Sulut di Peparnas nanti,” jelas Kundiman.(dni)

Komentar