Panitia Lokal Paskah Nasional 2022 di Talaud Resmi Dilantik

Nusa Utara, talaud302 views

METRO, Talaud- Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut ( E2L) didampingi Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga ( MAP) dan Ketua DPRD Jakop Mangole melantik panitia lokal Paskah Nasional Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Talaud bertempat di aula Wanala T2, Melonguane, Rabu, (2/3/2022).

Bupati E2L dalam sambutannya mengatakan, saya hanya ingin menyampaikan bahwa kegiatan paskah ini sudah menjadi perhatian di tingkat nasional maka target kita adalah tentunya kesuksesan dalam kegiatan. Even Paskah Nasional adalah momen penting untuk menjadi perhatian karena akan menjadi sejarah di daerah perbatasan Talaud, sebabnya nama baik daerah akan dipertaruhkan melalui kegiatan tersebut.

“Jadi tugas saya sebagai bupati, dan kinerja ASN akan di nilai oleh tamu-tamu yang datang, termasuk dinilai pemerintah pusat terkait keseriusan sampai sukses dan berakhirnya Paskah Nasional di Talaud, bahkan sinergitas antar lembaga, TNI/Polri dan organisasi masyarakat pun akan menjadi penilaian oleh tamu-tamu yang datang, termasuk kesiapan petugas kepanitiaan,” jelasnya.

Pelaksanaan Paskah Nasional di Talaud disebut akan berdampak pada berbagai aspek, sebabnya pemerintah menaruh perhatian terhadap berbagai sarana penunjang kegiatan yang nanti akan dikelolah oleh kepanitiaan lokal, sebelum dan sampai berakhirnya kegiatan.

“Karena even paskah bersifat kegiatan keagamaan, jadi pertama di tonjolkan adalah dimensi religi, agar menjadi perhatian berbagai pihak. Meski event paskah dilaksanakan oleh yang nasrani, namun yang beragama lain juga bisa harus ikut berperan serta mensukseskan acara ini, agar kerukunan antar umat beragama di Talaud menonjol, dimensi berikut adalah pariwisata, event paskah Nasional menjadi kesempatan untuk mempromosikan pariwisata Talaud supaya lebih dikenal masyarakat luar,” tambahnya.

Bupati E2L juga mengatakan, kegiatan ini melibatkan elemen- elemen petinggi setingkat nasional, dan saya ingin menyampaikan bahwa yang saya lantik ini adalah panitia tingkat lokal yang bertugas yang sudah dicantumkan sesuai dengan sk yang berlaku.

” Kegiatan ini rencananya akan dicanangkan di pulau Miangas, karena berdasarkan hasil rapat bersama kita telah memutuskan obor Paskah utamanya dimulai dari Desa miangas selanjutnya diarak ke Desa kakorotan kemudian terus menerus mengitari beberapa pulau yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud,” ucapnya.

Kegiatan ini direncanakan akan dihadiri President RI Joko Widodo. Ketika panitia sukses dalam hal persiapan menyambut Paskah Nasional ini, maka rencana kedatangan President merupakan kesuksesan kita sebagai panitia.

” Dana pelaksanaan kegiatan ini berdasar dari APBD Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Talaud. Karena kegiatan ini sudah kita koordinasikan dari beberapa elemen maka sumber dana kegiatan ini akan di periksa oleh BPK,” pintahnya.

Untuk itu Bupati E2L berharap agar para panitia untuk berhati hati dalam pengelolahan dananya dan diperjelas serta dibuat selengkap -lengkap baik administrasi maupun spjnya.(tr-69)

Komentar