oleh

Tonsu: Lomba Mancing Piala Presiden Menggairahkan Pariwisata Sulut

METRO, Manado- Anggota DPRD Sulut Toni Supit (Tonsu) mengapresiasi pelaksanaan lomba mancing piala presiden. Politisi PDI-P ini menilai, lombang mancing ini akan meningkatkan dan menggairahkan pariwisata Sulut.

“Iven ini jelas menggairahkan pariwisata Sulut. Lomba seperti ini sekaligus promosi wisata dan berdampak pada perekonomian masyarakat,” kata Tonsu sapaan akrabnya saat diwawancara dalam rapat pembahasan di ruang paripurna Kantor DPRD Sulut, Rabu 21/9/2022).

Legislator dari daerah pemilihan Nusa Utara ini ikut terlibat dalam lomba mancing piala presiden.

Tonsu menceritakan tahapan dan mekanisme pelaksaan lomba. Pembukaan lomba di fokuskan di Likupang, Minahasa Utara. Para peserta meningap satu malam di sana untuk pembukaan.

Kemudian dari Likupang start mancing di daerah Biaro, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Pada pukul 18.00 Wita tiba di Biaro semua ikan ditimbang.

Di sana menginap satu malam, kemudian pagi pukul 05.00 Wita, peserta berangkat lagi dan rutenya dari perairan Biaro sampai Manado.

“Finisnya di Manado, lalu timbang ikannya di Manado. Kemudian besoknya pengumuman juara,” tuturnya.

“Juara pertam itu tim dari Bali, uara dua tim dari Ternate, dan juara ke tiga dari Jakarta. Ini banyak juga peserta dari luar daerah, karena ini tingkat nasional dan internasional. Ada dari Singapura, Australia, dan ada dari Amerika Serikat ikut sama-sama,” sebutnya.

Tonsu berharap lomba mancing ini jadi iven tahunan.

“Karena dampak iven ini sangat besar, meningkatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat,” katanya.

Dia mengaku, lomba mancing ini di bergeliat dengan bagus di Sitaro.

“Kami sudah cek ke camat pada waktu dikumpul di Biaro, kurang lebih Rp 210 juta putaran uang di Biaro. Masyarakat waktu itu kan ada home stay, jadi tamu-tamu, peserta ada nginap di rumah. Jadi rumah-rumah masyarakat disiapkan satu kamar untuk tamu harga Rp 150 ribu,” ungkap mantan bupati Sitaro dua periode ini.

Menurut Tonsu, lomba mancing ini akan digelar tahunan.

“Menurut Wagub kemarin, presiden sudah tanda tangan untuk kegiatan menjadi kegiatan tahunan,” jelasnya.(37)

Komentar