FPIK Unsrat Bangun Lokasi Wisata Pemancingan Tengah Laut di Malalayang

Ekonomi19 views

METRO, Manado- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menginisiasi program Desa Maritim Unggul, melalui pembangunan lokasi wisata mancing, di Kelurahan Malalayang Satu Timur, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Pembina Tim Program Desa Maritim Unggul, Lefrand Manoppo, mengungkapkan wisata mancing ini menawarkan konsep pemancingan di atas rakit berukuran 8 kali 8 meter di tengah laut, pada kedalaman 200 meter.

“Untuk ke tempat itu bisa menggunakan perahu-perahu milik warga. Kami sediakan wadah bagi para pemancing, dan akan dikelola para nelayan setempat,” ujarnya.

Kata Lefrand, warga setempat mendapatkan manfaat ekonomi melalui jasa sewa perahu ke lokasi pemancingan. “Besaran tarif akan ditentukan oleh masyarakat. Jadi semua perahu di sini kami berdayakan supaya semua dapat tambahan penghasilan,” katanya.

Menurut Lefrand, inti dari program tersebut adalah memberikan manfaat untuk masyarakat di pesisir, baik dari sisi pemberdayaan maupun sisi perekonomian. “Program diharapkankan dapat memberi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Pemerintah Kecamatan Malalayang, Frangky Tangka, mengatakan pemerintah akan mendukung penuh program yang bertujuan untuk memajukan masyarakat di pesisir Pantai Malalayang.

“Tentunya kami berharap bukan hanya desa ini saja yang maju. Kalau nanti berhasil, semoga ini bisa berkelanjutan dan semakin luas, bisa ke daerah Pantai Bahu atau ke arah Malalayang dua,” ucapnya.(ian)

Komentar