Paripurna Istimewa HUT Provinsi Sulut ke 58, Setwan Padukan Budaya Tradisional dan Modern

Politik13 Dilihat

METRO, Manado- Pelaksanaan rapat paripurna istimewa hari ulang tahun Sulawesi Utara (Sulut) ke 58, Jumat (23/9/2022) berlangsung sukses. Pihak pelaksana Sekretariat Dewan (Setwan) di bawah pimpinan Sekwan Glady Nova Linda Kawatu berhasil memadukan budaya tradisional dan modern pada rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Fransiskus Andi Silangen itu.

Apalagi, rapat paripurna tak hanya dihadiri oleh Gubernur dan Wagub Olly Dondokambey dan Steven Kandouw saja, tapi juga Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Sekwan yang dimintai tanggapan menyampaikan ucapan terima kasih atas apreseasi yang disampaikan tamu dan undagan bahkan juga wartawan atas pelayanan hingga rangkaian acara demi acara.

Ungkap Kawatu, konsep yang ditampilkan yakni dengan mengawinkan budaya tradisional dan modern, mengakomodir semua keberagaman sulut.

“Tiga etnis besar, yakni Sangihe, Bolmong dan Minahasa yang kental akan budaya kami padukan dan tampilkan memberikan suguhan yang diharapkan akan semakin mengakar budaya untuk semua kalangan,” jelas Kawatu.

Dirinya juga mengingatkan agar meski kita berada di era modern namun jangan lupakan budaya.

“Tentunya kami harap generasi muda jangan pernah meninggalkan budaya,” ucap glady didampingi Kasubag Hukum dan Aspirasi Fabiola Sumampouw.

Kawatu juga berterima kasih karena Menteri Koperasi dan UKM yang menghadiri paripurna juga menggunakan pakaian adat Minahasa senada dengan Gubernur, Wakil Gubernur dan Pimpinam serta anggota DPRD Sulut.

Dari pantauan, pihak Sekretariat menata kantor DPRD sangat menarik dan indah mulai dari halaman kantor hingga di dalam ruangan paripurna. Setiap tamu undangan yang rapat bahkan terus mengabadikan foto-foto dalam paripurna.

Tiga tarian tradisional yang ditampilkan yakni Tarian Kabela yang membuka paripurna, selanjutnya Masamper dan Maengket serta juga persembahan pujian dari anggota DPRD berdasarkan daerah pemilihan masing-masing.

Menarik juga sebagai bentuk menunjang akan kemajuan UMKM yang ada di daerah ini, maka pihak sekretariat DPRD juga memberikan souvenir berupa kue hasil UMKM dari beberapa daerah kepada tamu dan undangan.(37)

Komentar