Investasi Rp4,9 Miliar, PLN Bangun Jaringan Listrik Tiga Desa di Kabupaten Tojo Una-Una

Ekonomi147 views

METRO- Warga Desa Luok, Desa Tiga Pulau dan Desa Tongidon di Kecamatan Walea Kepulauan, Kabupaten Tojo Una-Una, kini bisa menikmati listrik PLN seperti masyarakat lainnya.

Sebelumnya, warga di tiga desa ini hanya mengandalkan listrik desa yang dikelola oleh pemerintah daerah. Aliran listrik desa ini hanya bisa dinikmati selama tiga hari dalam periode sebulan.

Dalam melistriki ketiga desa ini, PLN membangun total panjang jaringan tegangan menengah 11,6 kms, jaringan tegangan rendah 2,04 kms, dan total gardu 3 unit sebesar 200 kVA yang dapat menunjang aktifitas kurang lebih 283 kepala keluarga. Tak tanggung-tanggung, nilai investasi yang dikeluarkan PLN mencapai Rp 4,9 miliar.

Sampai dengan saat ini, untuk rasio desa berlistrik PLN di Kabupaten Tojo Una-Una yang memiliki 12 kecamatan yaitu sebesar 78,77 persen.

Untuk Desa Luok dan Desa Tiga Pulau, menjadi 2 Desa terakhir yang melengkapi seluruh kecamatan Walea Kepulauan yang berhasil dilistriki PLN.

Selain menjadi sumber penerangan utama, hadirnya listrik PLN juga membantu menggerakan ekonomi warga di ketiga desa tersebut.

“Dengan mayoritas masyarakat desa kami yang bermata pencarian sebagai nelayan, listrik PLN sangat dibutuhkan untuk menyalakan kulkas tempat penyimpanan ikan hasil tangkapan,” ujar Sukardin Lahikang, Kepala Desa Tiga Pulau.

General Manager PLN Suluttenggo, Ari Dartomo mengatakan, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok. Hampir semua aktifitas sosial memanfaatkan energi listrik sehingga listrik sudah bergeser urgensinya dari sekedar opsi energi menjadi energi pokok masyarakat.

“Setelah diresmikannya listrik desa ini, harapan kami bahwa masyarakat bisa membantu PLN dalam hal keandalan jaringan listrik dengan merelakan pohon-pohon produktif milik masyarakat untuk dapat dibersihkan bilamana sudah menyentuh dan berada di dekat jaringan listrik,” ujar Dartomo saat meresmikan penggunan listrik di ketiga desa tersebut.

Nikmati kemudahan layanan kelistrikan dalam satu genggaman melalui Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh pada Playstore atau Appstore. Masyarakat dapat melakukan pembayaran listrik, pembelian token, pelaporan gangguan, serta masih banyak fitur lainnya. PLN Mobile, semua makin mudah.(71)

Komentar