Mozaik Hadir di Gramedia Samrat, Gaungkan Literasi dan Tingkatkan Ekonomi Kreatif

METRO, Manado- Setelah sukses digelar di Medan, iven Mozaik kembali hadir di Kota Manado dengan memberikan point of interest baru di store Gramedia Sam Ratulangi (Samrat).

Mozaik Manado ini akan dibagi dalam 2 tahap, pertama Pra-Event Mozaik pada tanggal 20 Oktober 2022, dan Main Event Mozaik pada tanggal 22 Oktober 2022 di Gramedia Sam Ratulangi.

Mozaik sendiri merupakan sebuah intellectual property dari Gramedia yang mengkombinasikan tiga unsur, yaitu seniman mural, musik, dan literasi.

Pra-event Mozaik Manado yang bertajuk “Bertemu di Buku Laut Bercerita”, akan dihadiri oleh Faradila Bachmid (Duta Baca Manado) dan Delasyahma (Pengulas buku dan pembaca setia Laut Bercerita). Acara yang diadakan di TBM Rumah Literasi, Jl. Bahari No. 100, Manado ini, akan mengadakan beberapa kegiatan seperti diskusi mendalam buku “Laut Bercerita”, bincangbincang, serta bercengkrama dengan teman-teman TBM dan komunitas baca seluruh kota Manado.

Pra-event ini merupakan momentum Gramedia Bersama TBM dan komunitas baca Manado untuk membahas lebih dalam mengenai bagaimana hikmah novel “Laut Bercerita” yang dihubungkan dengan keadaan literasi di kota Manado saat ini.

Selanjutnya, pada main event Mozaik Manado, Gramedia kembali menggaet kalangan umum, khususnya kawula muda dengan menghadirkan komunitas urban, street, dan graffiti untuk berkolaborasi bersama di acara ini. Tidak hanya itu, Gramedia akan berkolaborasi bersama penulis, seniman, musisi lokal, serta brand-brand lokal untuk memberikan wadah berkreasi secara langsung di toko Gramedia Sam Ratulangi Manado.

Kegiatan yang akan dilakukan berupa, live mural, live music, creative talks bersama seniman lokal Manado, serta nonton bareng & instalasi “Laut Bercerita”. Acara Main Event ini akan dihadiri langsung oleh Heri Darmawan selaku Marketing & Merchandising Director Gramedia, Guido Silvester Adrian Christanto selaku Store Manager Gramedia Sam Ratulangi Manado, dan Kepala Dinas Kominfo, Erwin S. Kontu, SH.

Kemudian, kegiatan live mural akan dilaksanakan oleh seniman mural Vivi Tanamal, pada satu sisi gedung store Gramedia Sam Ratulangi Manado. Vivi Tanamal yang merupakan salah satu seniman mural dari kota Manado, sebelumnya sudah memiliki segudang karya dan penghargaan tingkat Nasional yang didapatnya dari periode 2017 hingga 2021. Vivi juga memiliki eksibisi karya di museum, store-store UKM, hingga gedung pemerintahan.

Tidak hanya itu, hasil karya Vivi pernah diminta oleh brand ternama H&M untuk dipajang di salah satu store H&M di Manado. Pada acara ini pengunjung dapat menonton aksi Vivi Tanamal dalam memvisualisasikan novel
“Laut Bercerita” karya Leila S. Chudori yang akan dituangkan dalam bentuk mural pada satu sisi gedung toko Gramedia Sam Ratulangi Manado.

Heri Darmawan selaku Marketing & Merchandising Director Gramedia berharap dengan adanya Mozaik Manado, Gramedia dapat turut membantu pemerintah Manado untuk meningkatkan kualitas serta menggaungkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kota Manado.(71)

Komentar