Pemkab Minut Launching Cadangan Beras Pemerintah

METRO, Airmadidi – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara bekerjasama dengan Kantor Wilayah Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulut menggelar launching Cadangan Beras Pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2023, Jumat, (14/04/2023) di Pendopo Kantor Bupati.

Asisten III Drs Rivino Dondokambey mewakili Bupati Minut Joune Ganda SE., MAP., MM., MSi mengungkapkan launching penyaluran cadangan beras bertujuan mengantisipasi, mitigasi pelaksanaan penanggulangan kekurangan pangan akibat dampak fluktuasi harga di pasaran.

“Saya berharap bantuan pangan beras ini dapat membantu masyarakat. Terlebih menjelang Idul Fitri kebutuhan beras masyarakat dapat dipenuhi,” ungkap Dondokambey.

Menurut Dondokambey, program penyaluran cadangan beras pemerintah ini, diharapkan dapat menurunkan harga beras di pasaran.

“Saya tegaskan, kepada para Camat, Lurah dan Hukum Tua untuk dapat mengawasi penyaluran beras ini agar tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak menerima, sesuai dengan data yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Sosial. Harus by name by address,” tukas Asisten III.

Sementara itu Kadis Pangan Ir. Jemmy Kuhu MA., menjelaskan di Minut Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan beras cadangan ini berjumlah 15.229 keluarga. Setiap KPM menerima bantuan beras cadangan pemerintah 10 Kg

“Penyaluran beras cadangan pemerintah ini dilakukan tiga tahap, mulai Maret, April, Mei,” ungkap Kuhu.

Lanjutnya, untuk kualitas beras dijamin baik, karena Bupati telah meninjau langsung di gudang Bulog. .

Ditambahkan  Kadis Sosial dan PMD Arnolus Wolajan, data penerima manfaat beras bulog ini langsung dari Kementerian Sosial.

“Dalam penyaluran ini dilibatkan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos. Sebab sebagian besar dari beras ini diterima oleh keluarga yang terdaftar sebagai keluarga PKH,” jelas Wolajan.(RAR)

Komentar