Kota Manado Alami Inflasi, Harga Tiket Angkutan Udara Jadi Penyumbang Terbesar

METRO, Manado- Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Kota Manado mengalami inflasi sebesar 0,25 persen pada bulan April 2023.

Kepala BPS Sulut, Asim Saputra mengatakan, inflasi di Manado disebabkan oleh terjadinya peningkatan indeks harga konsumen dari 109,97 pada April 2022 menjadi 114,21 di April 2023.

“Sementara untuk inflasi tahun kalender 2023 sebesar 1,16 persen,” kata Asim, Selasa (2/5/2023).

Menurut dia, ada delapan kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks, yaitu transportasi, perawatan pribadi dan jasa lainnya, makanan minuman dan tembakau, perlengkapan peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga, pakaian dan alas kaki, penyediaan makanan dan minuman, perumahan air listrik dan bahan bakar rumah tangga, serta kelompok kesehatan.

“Sementara dua kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, yaitu kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, dan kelompok informasi komunikasi dan jasa keuangan. Sedangkan kelompok pendidikan cenderung stagnan,” ujarnya.

Dijelaskan Asim, jenis komoditas yang memberikan sumbangan inflasi terbesar pada bulan April, antara lain angkutan udara, nasi dengan lauk, ikan tude, ikan malalugis, bawang merah, mie, tomat, beras, telur ayam ras, dan ikan nike.

Adapun komoditas yang memberikan sumbangan deflasi terbesar adalah cabai rawit, ikan cakalang, daging babi, cakalang diawetkan, besi beton, anggur, daun paku, popok bayi, dan ikan oci,” pungkas Asim.(71)

Komentar