Penumpang di Bandara Samrat Naik 20 Persen Saat Mudik Lebaran 2023

METRO, Manado- Selama periode mudik libur Lebaran 2023, pergerakan penumpang di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado tercatat mengalami kenaikan sebesar 20 persen dari periode Lebaran tahun lalu.

General Manager Bandara Samrat, Minggus Gandeguai mengungkapkan, puncak arus mudik tahun ini terjadi pada tanggal 19 April, dengan total penumpang 5.527 orang dan 47 unit pesawat.

“Untuk arus balik terjadi pada hari Senin tanggal 1 Mei 2023 dengan total penumpang mencapai 5.663 orang dan 47 unit pesawat dengan prosentase kenaikan sebesar 20 persen dan pesawat 11 persen. Sementara untuk kargo mengalami penurunan yaitu minus 2 persen,” ujar Minggus.

Meskipun jumlah penumpang belum sebanding dengan masa sebelum Pandemi Covid-19, namun kata Minggus pergerakan pesawat pada Lebaran tahun ini mengindikasikan kondisi penerbangan di Manado sudah berangsur pulih.

“Bandara Sam Ratulangi telah melayani lebih dari 80 ribu penumpang dengan lebih dari 700 pergerakan pesawat,” terangnya.

Hal ini, lanjut Minggus menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah pergerakan penumpang yang signifikan. Ini terjadi selain karena dihapuskannya PPKM, juga karena pembukaan rute baru oleh maskapai penerbangan,” pungkasnya.(71)

Komentar