SMK Tirtayasa Gorontalo Jadi Pos Tefa, Siswa Belajar Bisnis Bengkel AHASS

Otomotif52 views

METRO, Manado- Teaching Factory (Tefa), merupakan program pendidikan vokasi yang memberikan pengetahuan kepada siswa SMK binaan Honda seputar manajemen bisnis Astra Honda Motor Authorized Service Station (AHASS).

Tidak hanya perihal teknis, siswa juga dibekali pengetahuan bisnis bengkel.

Konsep TEFA ini hadir di sekolah SMK mitra binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Selain itu, sebagai Pos AHASS TEFA, sekolah memiliki sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal 2 serta fasilitas pendukung lainnya.

AHASS yang ditunjuk sebagai pembina akan mendampingi implementasi TEFA dalam hal operasional dan standarisasi kualitas pekerjaan di Pos AHASS TEFA, demi menjamin kepuasan konsumen.

Beragam layanan purna jual bagi konsumen hadir di Pos AHASS TEFA seperti pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda.

Dalam menjaga kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang yang digunakan, teknisi AHASS mitra akan memastikan setiap proses pengerjaan dan hasil kerja siswa yang dilakukan di Pos AHASS TEFA.

“Pos AHASS TEFA merupakan bentuk pengenalan awal bagi peserta didik agar lebih siap menghadapi industri baik secara pengalaman, pengetahuan, serta keterampilan yang dikemas dengan profesional,” ujar Ridwan Suwandie, Technical Service Dept Head PT Daya Adicipta Wisesa (DAW), usai peresmian Pos Tefa di SMK Tirtayasa Gorontalo.

Untuk semakin memperkuat kompetensi pada Pos AHASS TEFA, menurut Ridwan DAW melakukan pembekalan khusus guru pembimbing sekolah yang mengimplementasikan TEFA.

“Para guru tersebut mendapat berbagai bekal pengetahuan seputar manajemen operasional dan layanan bengkel yang akan diterapkan kepada para siswa dalam belajar di Pos AHASS TEFA, seperti teknis perbengkelan, pelayanan komplain, administrasi dan keuangan perbengkelan, serta tata kelola suku cadang,” pungkasnya.(71)

Komentar