Jadi Pembicara Talkshow Bawaslu, Ketua Frako Sulut: Politik Uang Ibarat Angin

Politik88 views

METRO, Manado- Ketua Forum Rakyat Anti Korupsi Sulawesi Utara (Frako Sulut), Andreas Sabawa, mengibaratkan politik uang seperti angin yang terasa namun tak nampak.

Hal ini disampaikan Andreas ketika menjadi pembicara pada Talk Show yang mengangkat tema Bersama Lawan Politik Uang, di Manado Town Square, Kamis (8/2/2024) sore.

Menurut Andreas, politik uang marak terjadi pada saat kampanye, masa tenang, dan hari pencoblosan nanti.

“Politik uang bergerak masif ibarat angin. Tidak kelihatan namun terjadi. Hingga kini belum ada yang bisa membuktikannya,” ujarnya.

Andreas menilai, cerita kesuksesan di Pemilu, rata-rata karena menerapkan politik uang. “Namun masyarakat takut untuk melaporkan,” ungkap Andreas.

Dia bilang, kecenderungan masyarakat yang tidak melaporkan saat mendapati politik uang, menjadi salah satu faktor praktik kotor ini makin subur. Padahal, kata Andreas ada undang-undang yang melindungi masyarakat.

“Masyarakat masih malu untuk melaporkan, malu bermasalah dan malu dicap sebagai tukang mengadu. Padahal Undang-Undang Pasal 523 sangat jelas menyebutkan bahwa pemberi dan penerima sama-sama terancam hukuman,” tegasnya.

Ia mengatakan, Frako Sulut mendorong masyarakat termasuk pengawas pemilu supaya berani melaporkan jika menemui praktik politik uang.

“Kita harus berani jadi pelopor agar Pemilu 2024 bebas dari politik uang. Tolak pemberian dalam bentuk apapun. Politik uang hanya akan menghasilkan pemimpin yang buruk,” pungkas Andreas.(71)

Komentar