Media Gathering KPU Minut, Pers Diingatkan Peran Penting dalam Pilkada 2024

METRO, Airmadidi – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 27 November 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) semakin mematangkan persiapannya. Salah satu fokus utamanya adalah meningkatkan partisipasi masyarakat melalui pemberitaan media.

Dalam kegiatan Media Gathering yang diadakan pada Minggu (09/06/2024) di Lapangan Olahraga Airmadidi Atas, Ketua PWI Sulut, Drs. Vocke Lontaan, menekankan pentingnya peran aktif wartawan dalam menyebarkan informasi demi kelancaran Pilkada di Provinsi Sulawesi Utara, termasuk di 15 kabupaten/kota, khususnya Kabupaten Minut.

“Wartawan harus memberikan informasi yang akurat, independen, dan tidak berpihak,” tegas Lontaan. Ia mengingatkan para jurnalis untuk selalu berpegang pada kode etik jurnalistik saat memberikan informasi kepada masyarakat, sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Filip Kapantow, pemateri lain dalam kegiatan tersebut, membahas strategi wartawan dalam meningkatkan partisipasi publik dalam Pilkada. Menurut Kapantow, menyajikan berita yang menarik dengan political engagement dapat menggugah ketertarikan publik terhadap Pilkada, sehingga meningkatkan partisipasi.

“Jurnalis dapat mengangkat sentimen daerah atau desa seorang figur, atau mengaitkan figur dengan nasional dari segi usia atau karir politiknya. Karya jurnalistik dalam kontestasi Pilkada ini akan sangat mendorong masyarakat untuk melihat portofolio calon dan memilih yang terbaik,” jelas Kapantow.

Lomba lari maraton N’Jo Lari.

Kegiatan ini diikuti oleh wartawan pos liputan Minut dan dihadiri oleh Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw serta Ketua Bawaslu Minut Rocky Ambar. Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu turut memberikan apresiasi atas peran jurnalis dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada di Minahasa Utara.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan lomba lari marathon 5 kilometer N’Jo Lari dan lomba Line Danca serta Mobile Legend.(RAR)

Komentar